Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Bantaeng, Sulawesi Selatan akan memusatkan acara pergantian tahun di Kawasan Pantai Seruni karena mudah dijangkau seluruh kalangan masyarakat di daerah itu.

"Untuk acara pergantian tahun kali ini kita rencana pusatkan di Pantai Seruni. Lokasinya yang luas dan mudah terjangkau menjadi salah satu pertimbangan Pemkab Bantaeng," kata Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Bantaeng Hartawan Zainuddin saat dihubungi dari Makassar, Sabtu.

Pemilihan Pantai Seruni sebagai pusat perayaan tahun baru, kata dia, juga dikarenakan obyek wisata itu sudah menjadi salah satu ikon di Bantaeng.

Respon masyarakat terhadap keberadaan Pantai Seruni khususnya usia dilakukan renovasi memang tinggi sehingga menjadi pilihan wisata bagi masyarakat di daerah itu.

Pada acara pergantian tahun itu, kata dia, pemkab tetap menyelenggarakan berbagai pertunjukan dan acara menarik termasuk pesta kembang api. Pihaknya juga menyiapkan acara dzikir akbar dalam menyambut tahun baru nanti.

Sesuai pengalaman sebelumnya, menurut dia, kegiatan dalam menyambut tahun baru seperti dzikir akbar dan pesta kembang api memang selalu ramai disesaki warga. Pihaknya juga mengajak warga sekitar Bantaeng untuk bisa menyaksikan kemeriahan pesta pergantian tahun ini tersebut.

"Pemkab memang secara rutin menyiapkan berbagai acara dalam menyambut pergantian tahun. Ini juga sebagai upaya pemkab dalam memberikan hiburan bagi seluruh masyarakat," jelasnya.

Sebelumnya di lokasi yang sama, Pemkab Bantaeng juga sukses melaksanakan Festival Pantai Seruni 1-3 Desember 2015 dengan menghadirkan karnaval budaya.

Selain dimeriahkan pertunjukan karnaval budaya, Disbudpar Kabupaten Bantaeng juga menyajikan sejumlah tontotan dan acara menarik bagi masyarakat di daerah itu seperti fashion show, lomba cerita rakyat hingga festival dangdut.

Sejumlah pertunjukan ini, sambung dia, sukses mengundang ribuan penonton untuk hadir dan menyaksikan acara ini secara langsung. Pihaknya juga berharap dengan kegiatan ini semakin meningkatkan kreatifitas masyarakat.

"Festival Pantai Seruni ini memang sudah menjadi agenda tahunan drai Dispudbar Bantaeng. Untuk tahun ini kita menyiapkan sejumlah pertunjukan menarik untuk meningkatkan kualitas dan kemeriahan festival," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024