Makassar (ANTARA Sulsel) - Perayaaan Natal bagi umat Nasrani di sejumlah gereja di Makassar, Sulawesi Selatan berjalan khidmat, aman dan lancar.

Meski diguyur hujan selama beberapa jam dan suasana mendung pada Jumat, tidak menyurutkan antusias jemaat untuk beribadah di beberapa gereja di kota bertajuk angin mamiri ini.

Berdasarkan pantauan di Gereja Katedral jalan Kajoalalido, sejumlah jemaah terlihat konsentrasi mendengarkan ceramah sang pendeta tentang makna perayaan natal.

"Momentum perayaan natal ini sebagai ajang berkumpulnya keluarga dan kerabat serta mendapatkan kebahagiaan bagi kaum nasrani untuk berbagi kasih tuhan," kata Robert salah satu jemaat di gereja setempat .

Sementara di gereja Imanuel, puluhan jemaat juga terlihat serius berdoa dengan duduk di bangku kayu berjejeraran rapi di gereja tersebut. Mereka juga mendengarkan pidato makna natal dari pendeta setempat.

Misa malam Natal di sejumlah gereja dipenuhi jemaat yang ingin mengikuti prosesi berdoa untuk mendapat keberkahan juga berjalan khidmat. Menurut keyakinan mereka misa Natal adalah pembuka cinta kasih antar sesama. Selain itu puncak Misa malam Natal akan berlangsung malam ini.

Secara terpisah, Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto bersama Wakil Wali Kota Syamsu Rizal MI dan jajarannya pada malam Natal melakukan kunjungan ke sejumlah gereja. Pada kesempatan itu dirinya memberikan ucapan selamat Natal kepada umat kristiani.

Kendati bertepatan dengan peringatan Maulid nabi besar Muhammad SAW 24 Desember 2015, sebagai Pemerintah Kota dirinya tetap mengatakan kebersamaan dan toleransi umat beragama di Makasar harus tetap dijaga agar terciptanya harmonisasi.

"Kami berharap besar kepada seluruh pemuka agama dan masyarakata untuk senantiasa bersama-sama menciptakan kemanan dan ketertiban guna kedamaian di kota kita," paparnya Kamis malam.

Gereja dikunjungi rombongan seperti di gereja Filadelfia, Gereja Katedral, Gerej Immanuel dan berakhir di gereja St. Perawan Mariah Angkat ke Surga. .

Danny Pomanto juga mengikuti peringatan Maulid Akbar di Masjid terapung Amirul Mukminin di jalan pasar Ikan Pantai Losari, Makassar.

Sebelumnya, Kapolda Sulawesi Selatan dan Barat Irjen Pol Pudji Hartanto Iskandar bersama jajarannya melakukan kunjungan sekaligus pemantauan di beberapa gereja besar di wilayah Kota Makassar termasuk posko keamanan.

Pada kesempatan itu orang nomor satu di jajaran kepolisian Sulselbar memberikan ucapan selamat Natal kepada umat Kristiani serta menjanjikan perayaan natal dan tahun baru akan berjalan aman dan lancar.

"Selamat Natal bagi semua saudara-saudaraku di seluruh Tanah Air terkhusus di Sulawesi Selatan dan Sulawesi Barat," ujar Pudji ketika memberikan sambutan digereja tersebut, Kamis.

Pudji bersama Kapolrestabes Makassar Kombes Pol Rusdi Hartono juga mendatangi sejumlah gereja diantaranya Gereja GPIB Manuel Ujung Pandang, Gereja Katedral dan Gereja ST Yakobus Mariso.

Untuk peningkatan pengamanan Natal pihaknya juga menurunkan dua anjing pelacak di beberapa gereja besar sebagai bentuk mensterilkan gereja misa Natal termasuk tim penjinak bom dari satuan Gegana Brimob Polda Sulselbar serta alat metal datektor di pintu masuk. Anjing ini bertugas melacak benda-benda yang mencurigakan.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024