Makassar (ANTARA Sulsel) - Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto meresmikan 29 unit armada pemadam kebakaran (Damkar) baru yang telah diadakan dan ditenderkan pengadaannya selama periode 2015.

"Alhamdulillah, dengan tibanya dan hadirnya 14 armada Damkar ini semakin meningkatkan komitmen kami dalam memberikan pelayanan prima kepada masyarakat," ujar Ramdhan Pomanto di Makassar, Kamis.

Dia bersama pejabat lainnya yang melakukan ritual "Passili" (Syukuran suku Bugis-Makassar) mobil pemadam kebakaran itu berharap penuh armada ini dapat dimanfaatkan dengan sebaik-baiknya.

Danny sapaan akrab wali kota mengatakan bahwa pengadaan 14 unit armada damkar merupakan bukti keseriusan Pemkot Makassar menghadirkan pelayanan publik dan demi terjaganya keamanan warga kota dari dampak kebakaran.

"Keunggulan pemadam kita ditambah kekuatan peralatan yang dimiliki sudah tidak diragukan lagi. Dan nantinya kerja-kerja tim pemadam akan lebih diperkuat oleh Balakar di 14 kecamatan," ucapnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Sarana Dinas Pemadam Kebakaran Makassar, Ibrahim mengatakan bahwa dengan adanya tambahan truk Damkar ini maka total jumlah kekuatan armada Damkar Makassar saat ini berjumlah 43.

"Fire truck sebelumnya cuma 29 unit. Dengan adanya tambah 14 armada baru maka total yang bisa dioprasikan saat ini 43 unit," katanya.

Ibrahim menjelaskan bahwa untuk tahun anggaran 2015 ini telah direalisasikan pengadaan fire truck sebanyak 14 unit yang terdiri dari tujuh armada dengan kapasitas 1200 liter, dua unit berkapasitas 3000 liter dan lima unit berkapasitas 5000 liter.

Selain itu juga terdapat 14 unit mobil tangki suplai berkapasitas 8000 liter. Khusus mobil berkapasitas kecil diperuntukkan agar bisa menjangkau lorong-lorong atau gang sempit yang selama ini sulit dimasuki.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024