Makassar (ANTARA Sulsel) - Manajemen Rumah Sakit Wahidin Sudirohusodo (RSWS) Makassar, Sulawesi Selatan menyiapkan sejumlah program acara menarik dalam rangka memperingati Hari Kanker se-Dunia yang jatuh pada 4 Februari 2016.

Ketua Pelaksana Peringatan Hari Kanker se-Dunia RSWS, dr Umi Mangesti Tjiptoningsih Sp Onk Rad di Makassar, Rabu, mengatakan program acara itu dimulai dari acara konprensi pers, promosi pencegahan kanker diberbagai media baik cetak dan elektronik yang dilakukan pada hari ini.

"Kita juga melakukan penayangan video edukasi pencegahan kanker di seluruh televisi edukasi RSWS Makassar yang ada di seluruh ruang tunggu poliklinik dan ruang perawatan," jelasnya.

Selain itu, pihaknya juga menggelar kegiatan simpatik, online suppert hari kanker sedunia (4 Februari), Yoga Mencegah Kanker di halaman Infection Center RSWS (5 Februari).

Selanjutnya, acara dokter menyapa anda di TVRI Sulsel (narasumber dr Nugraha Utama Pelupessy Sp OG (K) dan dr Umi Mangesti Tjiptoningsih Sp Onk Rad (7 Februari).

Senam sehat d RSWS (12 Februari) sepeda santai yang dilakukan dibeberapa lokasi di pariwisata di Sulsel serta acara dokter anda menyapa bersama Prof Dr dr Nurpudji Astuti Taslim di TVRI Sulsel (14 Februari 2016).

Sementara pada 18 Februari, pihak penyelenggara juga akan melakukan acara nonton bareng pemutaean film bertemakan kanker, seminar awam. Serta rangkaian terakhir yakni konsutasi gizi secara gratis yang dilaksanakan ada 24 Februari 2016.

Direktur Utama RSWS Dr dr Khalid Saleh, mengajak dan mendorong peran serta masyaraat dalam memerangi penyaki kanker.

Untuk berpartisipasi dalam kegiatan ini, kata dia, masyarakat bisa melakukan secara "online" melalui link khusus yang diberikan oleh Komite Penanggulangan Kanker Nasional (KPKN) yakni http:/harikankersedunia.com.

Masyarakat yang mengakses ini bisa mendapatkan informasi penting terkait sejumlah hal menyangkuat masalah penyakit kanker mulai dari pencegahan, upaya deteksi dini dan sebagainya. Masyarakat juga diminta untuk mengisi beberapa bagian sebagai bukti perlawanan melawan kanker.

"Dalam link ini memang menyediakan berbagai informasi tentang kanker. Kami tentu berharap dengan masyarakat membuka ini membuat mereka lebih memahami tentang apa saja yang haraus dilakukan untuk terhindar dari kanker termasuk menjaga pola hidup sehat," katanya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024