Luwu Timur, Sulsel (ANTARA Sulsel) - Penjabat Bupati Luwu Timur yang juga Kepala Badan Pendidikan dan Pelatihan (Diklat) Provinsi Sulawesi Selatan, Irman Yasin Limpo, berencana membangun Kampus Baru di Kota Malili, Ibu Kabupaten Luwu Timur, Sulsel.

Rencana tersebut disampaikan Irman dihadapan Bupati Luwu H A Mudzakkar saat menghadiri Pendidikan dan Pelatihan Kepemimpinan (Diklatpim) Tingkat IV di Ruang Pola Simpurusiang Kantor Bupati Luwu, Rabu.

"Para ASN di wilayah Luwu Raya ini tidak perlu lagi menempuh perjalanan yang cukup jauh ke Makassar untuk mengikuti Diklat. Kampus Baru di Malili nantinya bisa menjadi solusi bagi masyarakat,"ujarnya.

Menurut dia, pembangunan kampus baru ini akan mempersingkat jarak tempuh para Aparatur Sipil Negara (ASN) khususnya di wilayah Luwu Raya yang akan mengikuti berbagai Diklat, seperti Diklat Prajabatan maupun Diklatpim IV.

Saat ini, kata dia, Badan Diklat Provinsi Sulawesi Selatan telah memiliki tiga Kampus di Makassar. Pertama, Kampus I berlokasi di Jalan Sultan Alauddin, kemudian Kampus II di Jalan Cendrawasih dan Kampus III terletak di Jalan Pampang Raya Makassar.

Irman mengakui, selama ini para ASN maupun pejabat yang mengikuti Diklat di Makassar kebanyakan dari Luwu Raya, hal inilah menjadikan salah satu alasan pertimbangan pihaknya untuk membangun Kampus IV di Luwu Timur.

Disamping itu, kata Irman, di kota Malili, Kabupaten Luwu Timur memang sudah ada lokasi lahan milik Pemerintah Provinsi yang bisa digunakan pihaknya untuk membangun kampus IV tersebut. Letaknya tidak begitu jauh dari Puskesmas Malili.

"Daerah ini sudah ada lokasi lahan milik Pemerintah Provinsi yang bisa digunakan untuk pembangunan kampus. Semoga rencana ini dapat segera direalisasikan dalam waktu dekat ini," sebut adik kandung Gubernur Sulsel itu.

Sementara itu, dirinya juga mengaku jika Bandara Sorowako, Luwu Timur, Sulawesi Selatan siap membuka dua jalur penerbangan domestik untuk meningkatkan kesejahteraan masyarakat di daerah itu.

Layanan penerbangan komersil yang akan segera dibuka itu yakni jalur Sorowako-Makassar dan Sorowako-Bua-Makassar.

"Insha Allah akan kita maksimalkan saat perayaan Hari Jadi Luwu Timur, Mei nanti. Adapun pesawat yang dioperasikan dikelolah Perusahaan Daerah hasil kerjasama Pemerintah Provinsi Sulsel dan Pemkab Luwu Timur,"ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024