Polman, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Ketua DPD Partai Demokrat Provinsi Sulawesi Barat Suhardi Duka yang juga bakal calon gubernur menyatakan kesiapannya berada di lini terdepan untuk memperjuangkan pemekaran Daerah Otonomi Baru (DOB) Kabupaten Balanipa.

Saat berdialog dengan masyarakat Desa Karama, Kecamatan Balanipa, Kabupaten Polewali Mandar, Jumat, Suhardi menyatakan salah satu kunci utama terciptanya kesejahteraan masyarakat di Polewali Mandar, khususnya yang berada di desa-desa yang telah ia sambangi itu, ialah dengan segera mewujudkan Kabupaten Balanipa.

Di semua agenda silaturrahim yang telah ia lakoni tersebut, Suhardi berkomitmen untuk menjadi gerbong terdepan dalam upaya mewujudkan Kabupaten Balanipa.

Saat menjabat Bupati Mamuju selama dua periode, Suhardi bisa dikatakan berhasil memekarkan dua Daerah Otonomi Baru (DOB) yakni Kabupaten Mamuju Utara dan Mamuju Tengah.

"Di ujung masa jabatan saya, saya juga telah melakukan finalisasi atas pemekaran wilayah yakni Kota Mamuju. Insya Allah, tidak lama lagi Mamuju akan dimekarkan menjadi tiga daerah baru yakni Mamuju Utara, Mamuju Tengah, dan Kota Mamuju," ungkap Suhardi.

Atas pengalaman tersebut, Suhardi menganggap cita-cita pembentukan Kabupaten Balanipa pada dasarnya bukan hal yang sulit untuk diwujudkan, asal seluruh pihak memiliki kemauan dan komitmen yang kuat untuk merealisasikannya.

"Kalau kita bersama, punya komitmen yang kuat, saya kira Kabupaten Balanipa itu bisa kita wujudkan segera. Insya Allah, kalau saya jadi Gubernur, Kabupaten Balanipa akan jadi fokus utama saya di tahun pertama pemerintahan," tegas Suhardi.

Dalam kunjungan bertajuk "Grebek Desa", Suhardi masih ditemani mantan Wakil Bupati Polman Nadjamuddin Ibrahim, tokoh masyarakat Polman, Andi Fadli Patayangi serta Aruchul Tahir.

Rangkaian kunjungan Suhardi pada empat desa ini dimulai di Desa Peto`osang, Kecamatan Alu, Kecamatan Tutar, Kecamatan Balanipa dan Kecamatan Limboro.

Mantan Wakil Bupati Polman Nadjamuddin Ibrahim mengajak seluruh masyarakat Polewali Mandar untuk bersama-sama dalam gerbong utama pemenangan Suhardi di Pilkada Sulawesi Barat tahun 2017.

"Saya mengenal beliau sudah cukup lama. Banyak hal yang membuat saya kagum pada beliau. Salah satunya, komitmen. Belum pernah saya mendengar beliau tidak menepati apa yang sebelumnya telah ia ucapkan," kata Nadjamuddin.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024