Makassar (ANTARA Sulsel) - Pelatih Kepala PSM Luciano Leandro memilih lebih fokus membenahi teknik para pemainnya agar semakin tangguh dalam perebutan gelar di kompetisi Indonesia Super Competition (ISC), April 2016.

Pelatih Luciano Leandro di Makassar, Senin, mengatakan selain teknik dasar bermain bola, beberapa teknik seperti "finishing touch" (penyelesaian akhir) serta cara melewati lawan atau berhadapan satu lawan satu juga lebih dikembangkan.

"Hal yang paling penting yakni bagaimana menghalau lawan dengan kaki yang benar dan melewatinya. Makanya kita akan siapkan beberapa latihan khusus untuk masalah ini," jelasnya usai memimpin latihan perdana di Lapangan Karebosi Makassar, Sulsel.

Pada sesi latihan perdana yang dilakoni di lapangan Karebosi tersebut, materi latihan yang diberikan tidak terlalu banyak. Pelatih yang pernah memperkuat PSM sebagai pemain pada era 90-an ini cuma fokus melihat kualitas pemain yang ada.

Pelatih asal Brazil ini menjelaskan, dirinya juga masih akan melihat pemain dan memantau sejauh mana kualitas pemain lokal yang dimiliki PSM. Dirinya mengaku sangat suka pemain daerah.

"Yang paling penting dia bagus dan suka bekerja, karena dulu (kompetisi sebelumnya), banyak pemain daerah dan PSM juga bisa berprestasi," katanya.

Sebagai pelatih, dirinya juga mengaku siap dan berupaya mengeluarkan semua ilmu dan pengalamannya untuk memberikan yang terbaik bagi tim kebanggaan masyarakat Makassar dan Sulawesi Selatan itu.

Dirinya juga mengaku optimistis bisa mengangkat dan mengembalikan kejayaan tim Juku Eja seperti yang telah diraaihnya pada era perserikatan tersebut.

"Kami tentu optimistis menghadapi turnamen ISC 2016. sekarang ini sudah ada tugas yang harus dijalankan sebaik mungkin agar bisa mengangkat prestasi tim," katanya.

Sikap optimistisme itu juga tidak lepas dari keberadaan tiga pemain yang sengaja diboyong dari Brasil untuk ditawarkan ke manajemen PSM.

Ketiga pemain yang sengaja dibawa serta ke Makassar itu masing-masing Jean Philipe da Silva yang berposisi sebagai defender, Carlos Eduardo (striker) dan Alex Sauza berposisi sebagai gelandang.

"Kita mau lihat dulu pemain yang ada di PSM seperti apa, karena persiapan kita masih ada dua bulan. Namun kami tentunya optimistis bisa berbuat yang terbaik," katanya.

Asisten Pelatih PSM Budiarjo Talib mengatakan, pelatih memang masih melihat kualitas pemain lokal yang ada dulu.

"Termasuk teknik dasar bermain bola, ini menjadi perhatian utama seupaya tim pelatih mengetahui apa yang akan dibenahi nanti," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024