Makassar (ANTARA Sulsel) - Perguruan karate Inkanas Sulawesi Selatan siap menggelar kejuaraan daerah se-Sulsel memperebutkan Piala Andi Mappe di Kabupaten Pangkep, Sulsel, 18-20 Februari 2016.

Pengurus Inkanas Sulsel Mursalim Badoo di Makassar, Rabu, mengatakan kejuaraan ini rencananya diikuti ratusan atlet yang berasal dari 24 kabupaten/kota di Sulsel.

"Kejuaraan ini juga merupakan inisiatif dari Penjabat Bupati Pangkep. Kita dari pengurus Inkanas tentu bersyukur dengan komitmen pemerintah dalam meningkatkan pembinaan dan prestasi atlet inkanas Sulsel," jelasnya.

Pelatih Karate Sulsel itu menjelaskan, untuk kejuaraan Piala Andi Mappe ini memang hanya difokuskan pada kelas usia dini dan junior. Ini dilakukan sebabagi bagian dari pembinaan atlet muda Sulsel.

Kejuaraan ini juga dimanfaatkan sebagai ajang mencari bibit atlet yang akan memperkuat perguruan Inkanas atau kontingen Sulsel di kejurnas nanti.

"Kami juga sudah menyebarkan undangan ke setiap daerah di Sulsel untuk bisa menurunkan atletnya pada kejurda nanti. Ini merupakan momentum bagi atlet untuk menunjukkan hasil latihannya selama ini," karanya.

Perguruan Institut Karate-do Nasional (Inkanas) Sulawesi Selatan sejauh ini memang cukup fokus menggelar kejuaraan sebagai upaya meningkatkan pembinaan karateka usia dini.

Pada 2015, Inkanas Sulsel juga telah melaksanakan kejuaraan antar-ranting di Makassar, Sulsel.

Kejuaraan yang digelar 13-14 Juni 2015 itu memang difokuskan untuk atlet usia dini mulai dari 7-8 tahun, 9-10 tahun, 11-12 tahun dan 13-14 tahun.

Untuk pelaksanaan kejuaraan tingkat ranting ini diikuti sebanyak 200 atlet yang berasal dari enam ranting masing-masing Tompotika, Hamrawati, PLN, BDP, ranting Tana Toraja dan Kabupaten Pangkep, Sulsel.

Selain menjadi bagian pembinaan, kejuaraan ini juga sebagai upaya memantau perkembangan atlet muda di Sulsel. Pihaknya juga mengaku bangga dengan penampilan dan kemampuan sejumlah karateka cilik pada ajang tersebut.

" "Ini merupakan inisiatif pengurus dalam meningkatkan kualitas para atlet usia dini," ujar pelatih yang rutin dipercaya menangani timnas Indonesia di berbagai kejuaraan internasional tersebut.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024