Makassar (ANTARA Sulsel) - Karang Taruna sebagai organisasi kepemudaan diharapkan mampu berperan dalam membangun karakter pemuda yang mampu mengatasi tantangan di era global ini.

"Karang Taruna harus mampu berperan dalam upaya membangun kehidupan anak muda yang cerdas, santun, dan terampil untuk menghadapi tantangan di masanya," kata Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo seusai melantik dan mengukuhkan Farouk M Beta sebagai Ketua Karang Taruna Sulsel masa bakti 2015-2020 di Makassar, Rabu.

Menurut gubernur, peran Karang Taruna ke depan akan semakin dibutuhkan untuk mempersiapkan pemuda yang semakin mandiri, dan maju dalam frame akademik yang baik.

"Tiga puluh tahun ke depan dunia akan menghadapi krisis pangan dan energi, yang paling siap kekayaan alamnya adalah Indonesia, terutama kawasan timurnya. Tetapi jika pemuda kita tidak dididik dengan baik, negara ini akan tertinggal," tuturnya.

Oleh karena itu, Syahrul berharap Karang Taruna mampu menggerakkan pemuda sebagai kekuatan memajukan bangsa.

Wakil Ketua Umum Karang Taruna Budi Setiawan mengatakan Karang Taruna adalah organisasi mitra dalam menyukseskan misi pemerintah terkait pengentasan masalah sosial.

"Jadi Karang Taruna itu tidak mendemo pemerintah, tetapi memiliki forum komunikasi dengan pemerintah daerah yang disebut rapat konsultasi," kata dia.

Menurut Budi, Karang Taruna adalah organisasi yang sangat besar karena menganut sistem keanggotaan otomatis, dengan cakupan umur 17 hingga 45 tahun.

"Keanggotaan yang besar menjadikan tanggung jawab pengurus juga besar," ujarnya.

Ia juga berharap pengurus Karang Taruna yang baru saja dilantik dapat menjalin kerja sama dengan pemerintah di setiap tingkatan.

"Optimalkan kerja sama dengan pemerintah, khususnya dalam penanganan masalah sosial," tambahnya.

Sementara itu, Ketua Karang Taruna Sulsel Farouk M Beta yang baru saja dilantik mengatakan pihaknya akan berupaya mengoptimalkan jejaring kerja sama dengan pemerintah.

"Teman-teman yang baru dilantik memiliki beban yang cukup berat, sebisa mungkin kita akan optimalkan kerja sama dengan pemerintah," kata Farouk yang juga menjabat sebagai Ketua DPRD Kota Makassar.

Dalam kesempatan tersebut, gubernur juga melantik dan mengukuhkan pengurus Karang Taruna Sulsel. Kegiatan ini juga dirangkaikan dengan penandatanganan MoU

penanganan masalah sosial antara Karang Taruna dengan Pemkot Makassar.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024