Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo meminta agar semua tokoh asal Sulsel yang berkiprah di tingkat nasional bisa mengawal pembangunan megaproyek di Sulsel.

"Saya mengekspose pembangunan di Sulsel apa adanya. Saya harap, semua bisa menarik peran masing-masing untuk memberikan dukungan terhadap akselerasi di Sulsel," kata Syahrul, saat Ekspose Pelaksanaan Pembangunan di Sulawesi Selatan, di Jakarta, Kamis.

Dukungan dan pengawalan terhadap pembangunan megaproyek ini diharapkan dari anggota DPR RI, DPD RI, pejabat kementerian asal Sulsel, hingga semua ketua Kerukunan Keluarga Sulawesi Selatan (KKSS) yang tersebar di semua provinsi di Indonesia.

Syahrul mengungkapkan, banyak tokoh asal Sulsel yang hebat di nasional. Diharapkan, mereka bisa memberikan dukungan untuk membesarkan Sulsel.

"Kenapa Sulsel ini harus diperhitungkan oleh negara? Karena jika Sulsel besar akan memberikan energi bagi Kawasan Timur Indonesia," ujarnya.

Gubernur Sulsel dua periode ini mengungkapkan, di Sulsel sedang dilakukan pembangunan perluasan Bandara Internasional Sultan Hasanuddin, pembangunan jalur kereta api, New Port dan empat bendungan besar.

Bandara Sultan Hasanuddin yang kapasitasnya hanya 6 juta penumpang per tahun, sekarang sudah 12 juta penumpang per tahun sehingga harus diperluas.

Bandara tersebut melayani 173 penerbangan setiap hari untuk 56 destinasi.

Saat ini pembangunan jalur Kereta Api Trans Sulawesi juga sedang dilakuka dengan progress panjang rel kereta api sudah sekitar 20 kilometer.

"Saya ingin memperlihatkan kalau kita lebih akseleratif dari provinsi lain. Ini harus dipacu, jangan sampai mandek," ungkapnya.

Khusus untuk legislator asal Sulsel yang ada di Badan Anggaran DPR RI, Syahrul meminta pengawalan khusus untuk pembangunan Bypass Maminasata.

"Kami sudah lakukan pembebasan tanahnya. Kami harap ini dipercepat, apalagi di Sulsel pembebasan lahan itu berat. Biasanya kalau bertahap, mereka ragu," ujarnya.

Di hadapan para tokoh Sulsel tersebut, Syahrul juga memaparkan potensi sektor pertanian, perkebunan, kelautan, dan perikanan.

Ia berharap, pengusaha-pengusaha asal Sulsel bisa mengambil peran agar potensi sumber daya alam tersebut bisa bermuara pada industri. Ia juga mengajak mereka terlibat dalam program kapal induk.

"Tokoh Sulsel yang punya kemampuan untuk itu, mari kita bicara," kata Syahrul.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024