Makassar (ANTARA Sulsel) - Persatuan Bulutangkis Seluruh Indonesia (PBSI) Sulawesi Selatan menargetkan menembus babak delapan besar pada pelaksanaan sirkuit nasional (Sirnas) Sulawesi Open Seri II di Gedung Olahraga (GOR) Sudiang Makassar, Sulawesi Selatan, 14-19 Maret 2016.

Ketua PBSI Sulsel, Devo Khaddafi di Makassar, Senin, mengatakan peluang atlet Sulsel melaju hingga babak delapan besar cukup terbuka lebar melihat penampilan dan peningkatan kualitas atlet diberbagai ajang sebelumnya.

"Untuk Sulsel, dalam hal ini kita bicara atlet PON, kita target untuk putra bisa masuk delapan besar. Sementara untuk putri memang kita hanya harapkan bisa masuk pada putaran kedua mengingat persaingan yang lebih ketat," jelasnya.

Pada Sirnas Sulawesi Open 2016 ini,kata dia, pihaknya memang sengaja menurunkan seluruh atlet PON Sulsel untuk bisa menambah pengalaman bertanding sebelum turun di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016.

Seluruh atlet akan tampil di kategori dewasa yang tentunya tingkat persaingannya lebih tinggi karena diikuti pula sejumlah pebulu tangkis papan atas Indonesia dan para pelatnas Pratama.

"Makanya jika bisa menembus delapan besar maka tentu sudah menjadi pencapaian maksimal. Kita juga meminta seluruh atlet untuk terus foks meski pada pertandingan nanti ternyata harus menghadapi lawan yang menjadi unggulan," ujarnya.

Selain atlet PON, Sulsel juga menurunkan ratusan atlet yang berasal dari pengcab PBSI di 24 kabupaten/kota dan beberapa klub bulu tangkis di Sulsel.

"Untuk peserta dari Sulsel tentu yang terbanyak karena memang selaku tuan rumah. Adapun atlet itu berasal dari Makassar, Kabupaten, Pangkep, Palopo, Enrekang, Toraja,Toraja Utara, hingga Kota Parepare," jelasnya.

Ketua Bidang Pemasaran dan Promosi Disbudpar Sulsel itu menjelaskan, ratusan atlet Sulsel itu akan tampil di seluruh kelas yang dipertandingkan mulai dari kelas remaja, taruna hingga dewasa.

Mengenai peluang bersaing di Sirnas Sulawesi Open 2016, dirinya mengakuitentu bukan hal yang mudah. Namun pihaknya berharap seluruh atlet bisa menjaga mental bertandingnya sehingga mampu mengeluarkan kemampuan terbaiknya dalam setiap laga nanti.

"Potensi atlet khususnya di kategori taruna banyak yang menjanjikan. Mudah-mudahan bis atampil penuh motivasi sehingga bisa meraih hasil maksimal di ajang nanti," sebutnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024