Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Persatuan Hotel dan Restoran Indonesia (PHRI) Sulawesi Selatan menyatakan sebanyak 15 hotel di Makassar, Sulsel, siap beroperasi dan meramaikan persaingan pada 2016.

Ketua PHRI Sulsel, Anggiat Sinaga di Makassar, Rabu, mengatakan puluhan hotel itu terdapat dibeberapa lokasi di Makassar diantaranya Hotel The Rinra, Gammara Hotel, Daya Hotel, Swiss Bell Losari Hotel dan sebagainya.

"Jadi seperti hari ini, ada 15 hotel yang siap melakukan grand opening mulai bulan ini dan seterusnya. Adapun yang memulai opening hari ini yakni Demelia Hotel Makassar," katanya disela-sela soft opening hotel Demelia Makassar.

Ia menjelaskan, dari 15 hotel yang siap beroperasi itu untuk jumlah kamar secara keseluruhan mencapai 2.000 kamar. Artinya tingkat ketersediaan kamar memang mengalami peningkatan yang cukup signifikan.

Melihat kondisi atau banyaknya kamar baru yang tersedia sepanjang tahun 2016 ini, kata dia, tentunya akan semakin mempertajam persaingan okupansi hunian di Makassar.

"Pertanyaanya apakah ini bisa memenuhi tingkat hunian atau mengalami stagnasi. Jangan sampai terjadi degradasi yang tentunya ini menjadi kekhawatiran kita dan diharapkan tidak sampai terjadi kedepan," katanya.

Sementara Wali Kota Makassar, Moh Ramdhan Pomanto mengaku memberikan peluang bagi pengusaha hotel untuk bersaing. Adapun tugas pemerintah kota, kata dia, tentu saja bagaimana agar bisa mendatangkan banyak orang untuk berkunjung ke Makassar.

Ia menjelaskan, melalui berbagai kegiatan atau acara dengan konsep dan desain yang menarik tentu akan membuat orang bisa ramai-ramai berkunjung ke Makassar.

"Biarkan mereka (pengusaha hotel) bersaing. Tugas kita bagaimana membuat strategi atau program agar orang tertarik datang ke Makassar sehingga bisa memenuhi semua hotel yang ada disini," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024