Makassar (ANTARA Sulsel) - Badan Pengawas Pemilu Sulawesi Selatan (Bawaslu Sulsel) menunjukkan apresiasi kepada berbagai pihak yang telah berkontribusi positif terhadap pengawasan Pilkada Serentak pada Desember 2015 lalu melalui penyelenggaraan Bawaslu Award.

"Bawaslu Award ini akan diselenggarakan pada Rabu (30/3), dalam acara ini kami akan memberikan penghargaan kepada seluruh pihak, yang kami nilai berkontribusi dalam pengawasan Pilkada Serentak lalu," kata Ketua Bawaslu Sulsel Laode Arumahi yang ditemui usai bertemu dengan Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo di Makassar, Selasa.

Penghargaan tersebut, kata dia, diberikan diantaranya kepada perguruan tinggi, pemerintah daerah, hingga lembaga yang bersinergi dengan pengawasan pilkada lalu, seperti LSM.

"Kriterianya memberi kontribusi terhadap pengawasan pilkada serentak kemarin, penanganan pelanggaran, dan penyelesaian sengketa," kata Laode.

Penghargaan juga diberikan secara internal kepada pengawas kecamatan terbaik, penyuluh lapangan, dan pengawas TPS.

"Terutama daerah yang akses lokasinya sangat sulit, serta pengawas dengan tantangan berat tetapi bisa berhasil mengatasi," jelasnya.

Ia juga mengatakan bahwa Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo dijadwalkan akan hadir memberikan penghargaan kepada kabupaten yang memfasilitasi pengawasan pilkada terbaik.

Sementara, Gubernur Sulsel, Syahrul Yasin Limpo menyampaikan apresiasinya terhadap kegiatan tersebut.

Menurut Syahrul, Bawaslu telah mencatatkan prestasi karena penyelenggaraan Pilkada di 11 daerah tersebut berjalan aman, damai dan lancar.

"Ini secara tidak langsung berkontribusi terhadap pembangunan di Sulsel," kata Syahrul.

Penghargaan ini, lanjutnya, menceritakan tentang keberhasilan kemarin. Namun dalam makna lebih dalam, dengan penghargaan ini, diharapkan lebih baik hari ini dan besok.

"Ini menjadi bagian dari membangun komitmen untuk lebih baik hari ini dan besok," kata Syahrul.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024