Makassar (ANTARA Sulsel) - Komunitas pengusaha tergabung dalam Global Entrepreneurs Professional atau Genpro Distrik Sulawesi Selatan akan dideklarasikan pada 3 April 2016 sebagai upaya menghadapi Masyarakat Ekonomi ASEAN.

"Deklarasi akan kami laksanakan di rumah pribadi Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Jalan Amirullah Makassar. Sebagai pembina beliau sangat merespon deklarasi ini," ujar Presiden GENPRO Distrik Sulsel, Rusdi Hidayat Jufri kepada wartawan di Makassar, Kamis.

Menurut dia, Genpro lahir atas gagasan pengusaha yang peduli tentang bagaimana menghadapi MEA yang sudah berjalan saat ini.

Kendati belum terasa, ujar dia, namun langkah antisipatif harus tetap dilakukan dalam menghadapinya nanti.

Saat proses deklarasi, kata Jufri, sekaligus akan diluncurkan Genpro Mentoring Bisnis atau GMB yang merupakan program pelatihan serta bimbingan bagi para anggota dilakukan mentor Genpro sebagai bagian pelajaran agar usahanya bisa berkembang juga tersistem dengan baik.

Meski demikian, terbentuknya Genpro sebagai wujud antisipasi untuk berperan aktif guna menghadapi pasar bebas yang mulai menujukkan tanda-tanda masuknya orang asing ke Indonesia.

"Kami inginkan bagaimana para pengusaha di Sulsel bisa saling menguatkan satu sama lain. Seperti memperbaiki kualitas produk serta menggenjot produksi agar bisa menjadi bagian produk ekspor dan meminimalisir produk impor yang masuk ke Indonesia," paparnya.

Secara organisasi Genpro adalah komunitas bagi pengusaha untuk berkomitmen bersama demi kesejahteraan anggota dalam hal profit atau pendapatan tetapi berguna juga bermanfaat bagi masyarakat luas.

Ia menyebutkan, Genpro Distrik Sulsel adalah komunitas yang terbentuk ke 24 di Indonesia dengan anggota sebanyak 425 orang berasal dari berbagai latarbelakang usaha seperti kuliner, fashion, kesehatan dan energi

"Target Genpro pada lima tahun pertama paling tidak ada 200 anggota bisa memiliki aset hingga Rp2 miliiar. Bila ada aset maka akan mudah mendapat suntikan pembiyaan dan tentu akan bersaing lebih kompetitif," tambahnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024