Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Pertanian Amran Sulaeman selaku tokoh Sulsel memberikan dukungannya kepada Pemerintah Kota Makassar yang akan mengubah kawasan Lokalisasi Nusantara menjadi kawasan kuliner.

"Pak Menteri Pertanian Amran Sulaeman baru menelepon dan memberikan support-nya kepada kami karena berani melakukan penataan ulang Kawasan Nusantara tanpa perlawanan warga dan pengusaha," ujar Wali Kota Makassar Moh Ramdhan Pomanto di Makassar, Senin.

Wali kota yang memperlihatkan panggilan masuknya itu kepada sejumlah wartawan mengaku jika dirinya sangat senang karena putra daerah asal Makassar yang juga Menteri Pertanian itu mengetahui bagaimana kawasan Nusantara.

Setelah mengetahui adanya berita mengenai penataan ulang Kawasan Lokalisasi Nusantara serta membebaskan Kawasan Pantai Losari dari preman, tukang parkir serta anak jalanan yang banyak meresahkan warga pada umumnya itu, pun disambut baik oleh Mentan.

"Pak Menteri bilang kepada saya, maju pak, jangan khawatir karena kami selalu memberikan dukungan untuk perubahan yang lebih baik untuk Makassar," katanya menirukan ucapan Mentan.

Dalam pembicaraan melalui sambungan telepon selama beberapa menit itu, ia menjelaskan beberapa hal detail terkait langkah persuasif yang di lakukan dengan pengusaha THM di Jalan nusantara.

Termasuk juga kesediaan secara suka rela untuk mendukung rencana Pemkot Makassar terhadap kawasan yang berhadapan langsung dengan pelabuhan Soekarno Hatta itu.

Kepada Mentan Amran Sulaeman, Danny -- sapaan akrab wali kota -- menjelaskan kebijakan-nya yang tidak lagi memberikan perpanjangan izin THM di kawasan tersebut.

"Semua izin-izin itu, baik izin kafe, pub, karaoke, panti pijat tidak ada di perpanjang. Makanya tidak ada cerita lagi. Dan alhamdulillah, setelah kita rapat, diskusi dari hati ke hati, demi kebaikan Makassar, mereka sepakat merubah usahanya menjadi usaha kuliner " ujar Danny Pomanto kepada Amran.

Amran merupakan salah satu putra asli Bone yang kini di tunjuk sebagai anggota kabinet pemerintahan Jokowi-JK. Saat menelpon Danny, Menteri Pertanian, Andi Amran Sulaeman tengah berkunjung di Kabupaten Pangkep dalam rangka panen raya di Kelurahan Bontolangkasa, Kecamatan Minasatene, Kabupaten Pangkep, Sulawesi Selatan.

Dalam menjalankan program revitalisasi kawasan jalan nusantara itu, Danny akan memperlebar pedestarian di sepanjang jalan itu demi menambah rasa nyaman pengunjung, termasuk turis-turis asing yang datang ke Makassar.

Selain itu, area tersebut akan dihijaukan dengan tanaman-tanaman rindang, termasuk pemasangan atap kanopi di sisi jalan sehingga pejalan kaki tidak merasakan teriknya matahari langsung.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor :
Copyright © ANTARA 2024