Jakarta, (Antara Sulsel) - CCTV atau Closed Circuit Television adalah sebuah kamera pengawas terdiri dari kamera serta Digital Video Recording (DVR) guna menampilkan serta merekam bermacam bentuk aktivitas di area tertentu berbentuk video.

Fungsi utama CCTV ialah memantau serta merekam secara detail semua kejadian yang terjadi pada area tertentu yang pada umumnya lebih mengarah padahal yang berhubungan dengan tindak kejahatan.

Dengan fungsinya yaitu merekam kejadian di suatu tempat dalam waktu tertentu, alat ini sangat dibutuhkan serta diandalkan oleh lembaga keuangan, perusahaan, pertokoan, rumah dan tempat lainnya yang rawan terhadap tindak kejahatan.

Kehadiran CCTV sangat membantu sekali, apalagi CCTV ini dapat diperoleh dengan harga yang tidak begitu mahal namun memberikan banyak manfaat. Harga CCTV sendiri sangat beragam, mulai dari ratusan ribu hingga jutaan rupiah. Setiap jenis dan merek mempunyai harga yang berbeda-beda.

Sekedari nformasi, untuk membeli CCTV sebaiknya kunjungi Ralali.com. Ralali.com menjual kamera cctv dengan berbagai pilihan harga serta merek terlengkap.

Lantas apa saja manfaat CCTV? Berikut ulasannya.

Meningkatkan Keamanan
Peningkatan keamanan mesti dilakukan di semua tempat, entah itu ruang publik ataupun rumah pribadi. Peningkatan keamanan sangat diperlukan sekali mengingat tindak kejahatan tak mengenal waktu dan tempat, itu artinya kejahatan bisa terjadi kapan saja dan di mana saja. Sehingga setiap orang dituntut untuk tetap waspada di manapun ia berada.

Akan tetapi setiap orang mempunyai titik lengah tersendiri, dikhawatirkan titik lengah tersebut berpotensi menjadi korban kejahatan. Untuk itu, untuk mengantisipasinya diperlukan bantuan alat pengintai atau kamera CCTV.

Misalnya, pencuri berusaha mencuri sepeda motor yang terparkir di halaman toko. Aksi pencuri tersebut akan terekam oleh CCTV, maka aksi pencuri bisa langsung digagalkan oleh petugas yang mengetahuinya melalui monitor CCTV.

Apabila seandainya tidak bisa digagalkan, setidaknya aksi pencuri tersebut terekam oleh CCTV sehingga dapat dijadikan sebagai barang bukti untuk melaporkannya kepada pihak yang berwajib agar pelakunya bisa ditangkap.

Memantau kinerja karyawan
Tidak hanya meningkatkan keamanan saja, namun CCTV pun bisa digunakan untuk memantau kinerja karyawan. Sudah banyak gedung perkantoran dan juga instansi pemerintah memasang CCTV, salah satu tujuannya ialah untuk memantau aktivitas kerja karyawan.

Hadirnya CCTV bisa membantu meningkatkan kinerja para karyawan dan juga perusahaan. Apabila dari hasil rekaman CCTV diketahui terdapat penyimpangan tugas oleh karyawan maka pihak manajemen perusahaan dapat segera mengatasinya.

Memonitor aktivitas anak
CCTV tidak hanya berguna untuk kepentingan public atau perusahaan saja, namun juga untuk kepentingan pribadi. Tidak hanya meningkatkan keamanan rumah Anda saja, namun dengan memasang CCTV di rumah pun bisa memonitori aktivitas buah hati Anda.

Alat ini sangat berguna bagi orang tua yang mempunyai kesibukan di luar rumah sehingga tidak mempunyai cukup waktu untuk menemani anak bermain.

Supaya tetap bisa memantau perkembangan sang anak, salah satu cara yang bisa dilakukan ialah dengan memasang CCTV, sehingga orang tua tetap bisa mengawasi gerak-gerik serta aktivitas anak walaupun sibuk bekerja.




Pewarta :
Editor : Pemasaran
Copyright © ANTARA 2024