Makassar (ANTARA Sulsel) - Panglima Komando Sektor Pertahanan Udara Nasional (Pangkosekhanudnas) II Marsekal Pertama TNI Andyawan mengkalim tidak ada personilnya terlibat narkotika.

"Sampai saat ini khusus di jajaran Kosekhanudnas II semua negatif," katanya kepada wartawan usai memimpin upacara memperingati HUT TNI AU ke 70 di Apron Galaktika, Lanud Sultan Hasanuddin, Makassar, Sulawesi Selatan, Sabtu.

Menurut dia, tes urine telah dilaksanakan menyusul adanya sejumlah oknum TNI yang dinyatakan positif narkotika dan telah mencoreng nama institusi TNI

Selain itu, kata dia, tentunya merupakan suatu keharusan dan kebijakan seluruh jajaran TNI AU dan semua aman dari penyalah gunaan narkotika.

"Kalau penegasan masalah itu sudah jelas digariskan oleh Panglima TNI bahwa kita harus melaksanakan tugas pokok sebagai prajurit, tidak ada yang lain," paparnya kepada wartawan.

Dirinya juga terus mengingatkan kepada personil TNI AU dan jajarannya agar tidak mendekati narkoba apalagi terlibat didalamnya.

Mengenai masalah pergaulan di jajarannya, kata dia tetap mengizinkan bergaul dengan siapa saja, namun tentunya ada batasan dan aturan yang harus dipatuhi.

"Silahkan saja mereka bergaul dengan siapa saja, tapi harus punya batas-batas yang sudah sesuai dengan aturan," papar perwira menengah TNI ini.

Pihaknya juga gencar melakukan sosialiasi di Patra masing-masing serta Panglima TNI bahkan telah mengeluarkan instruksi terkait dengan sanksi penyalahgunaan narkoba bagi jajaran TNI.

"Sudah dilakukan sosialisasi dan imbauan. Kita juga akan memberikan semua kegiatan yang lebih profesional guna pengembangan keahlian disela waktu kosong para prajurit untuk menghidari itu," tegasnya.

Kendati demikian, pihaknya telah melakukan hal tersebut guna menghindari dari peredaran narkoba seperti saat ini memerangi narkoba di seluruh jajaran TNI.

"Jadi semua sudah dibekali sesuai dengan tugasnya masing-masing dan monitoring tetap dilakukan. Kalaupun ada yang tidak sesuai dengan aturan, kita tetap mengingatkan baik itu Bintara, Tamtama maupun Perwira," bebernya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024