Mamuju (ANTARA Sulbar) - Bupati Kabupaten Mamuju, Sulawesi Barat, H Habsi Wahid, kini tengah menyiapkan konsep pembangunan sekolah unggul Manakarra.

"Program beasiswa unggul Manakarra yang dicanangkan bupati sebelumnya, Suhardi Duka, akan kita teruskan. Namun ada konsep yang kita ubah sehingga benar-benar daerah ini melahirkan anak sekolah yang unggul," kata Bupati Mamuju, Habsi Wahid di Mamuju, Jumat.

Jika selama ini program beasiswa bagi siswa unggul berupa pemberian dana kata bupati maka tahun ini metodenya diubah dengan membangun sekolah yang benar-benar unggul dari segala hal.

"Kita rencanakan akan membangun sekolah unggulan di daerah kawasan kantor KPU Mamuju atau di daerah Karena salah satu kawasan pengembangan pemukiman baru di Mamuju," kata Habsi.

Konsep pembangunan sekolah unggulan kata dia, telah dalam tahap perencanaan untuk segera dilaksanakan tahap pembangunan.

"Ke depan, dinas pendidikan akan melakukan intervensi khusus untuk menjaring lulusan siswa-siswa unggulan dari setiap kecamatan untuk melanjutkan ke sekolah unggulan yang ada di Mamuju," jelasnya.

Siswa sekolah unggulan kata dia, akan di karantina dengan konsep pembangunan rumah susun yang telah disiapkan anggarannya oleh pemerintah.

"Siswa akan di asramakan sehingga mereka bisa konsentrasi mengikuti pendidikan berbasis unggulan. Ini yang kita siapkan konsepnya agar daerah ini sungguh melahirkan anak didik yang berprestasi," kata mantan Sekda Mamuju ini.

Kebutuhan siswa yang masuk dalam sekolah unggulan kata dia, sepenuhnya ditanggung pemerintah daerah.

Habsi menambahkan, investasi di bidang pendidikan memang sangat mahal, namun hal itu menjadi tantangan untuk bisa melahirkan generasi muda berkualitas selaku generasi penerus pembangunan di daerah ini.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024