Mamuju Tengah (ANTARA Sulbar) - Pemboman ikan yang dilakukan nelayan marak di Kabupaten Mamuju Tengah, Provinsi Sulawesi Barat (Sulbar) sehingga perlu dilakukan pencegahan.

"Nelayan di Mamuju Tengah gemar melakukan pemboman ikan di perairan Sulbar, sehingga laut menjadi rusak dan habitat ikannya menjadi berkurang," kata Ketua Dewan Pimpinan Pusat organisasi masyarakat Forum Persaudaraan Pemuda Sulbar, Nirwansyah di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, pemerintah setempat mesti mencari solusi agar kebiasaan buruk nelayan tersebut dapat diminimalisir sehingga laut tidak menjadi rusak dan habitat ikannya tetap tersedia.

Menurut dia, pemerintah mesti melakukan penyuluhan kepada masyarakat nelayan agar menghentikan aksinya membom ikan karena sangat merugikan lingkungan.

"Mesti dilaksanakan program tersebut agar pemboman ikan tidak semakin marak dan menjadi-jadi karena ini sudah berlangsung lama, pencegahan sejak dini mesti dilaksanakan," katanya.

Ia menyampaikan jika DPRD Mamuju Tengah telah menyampaikan keprihatinannya atas maraknya pemboman ikan sehingga mesti ditindaklanjuti pemerintah dengan melakukan program pencegahan secara maksimal dengan berbagai cara.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024