Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengurus Provisi Ikatan Motor Indonesia (IMI) Sulawesi Selatan menggelar kejuaraan regional Drag Bike dalam rangka memeriahkan hari jadi TNI AU di Lanud Sultan Hasanuddin Makassar, Sulawesi Selatan, 22 April 2016.

Ketua Panitia Kejuaraan Drag Race 2016, Adifar di Makassar, Rabu, mengatakan kejuaraan regional V Sulawesi ini hanya salah satu dari sekian banyak kegiatan menarik yang akan dihadirkan dalam memeriahkan perayaan HUT TNI AU yang digelar 22-24 April 2016.

"Namun khusus kita dari IMI, kami akan memanfaatkan hari istimewa itu dengan menggelar kejuaraan drag bike untuk seri pembuka di Makassar. Saya kira kejuaraan ini memang akan lebih istimewa dan akan menjadi tontotan menarik bagi para tamu dan masyarakat umum," jelasnya.

Ia menjelaskan, para pebalap yang berasal dari berbagai daerah itu akan bersaing menjadi yang tercepat pada sirkuit atau jalur Pangkalan Udara Hasanudin (bandara lama).

Jalur lomba yang berada di lintasan pesawat itu tentu menjadi sesuatu yang unik sehingga diharapkan bisa menghibur masyarat atau penonton yang hadir dalam perayaan HUT TNI AU tersebut.

"Untuk kejuaraannya sendiri memang hanya dilaksanakan pada 22 April. Selanjutnya akan dilaksanakan berbagai kegiatan menarik lainnya hinga Minggu. Intinya akan ada beraam tontonan menarik pada perayaan kali ini," katanya.

Khusus untuk agenda kejuaraan drag bike, kata dia, akan mempertandingkan sejumlah kategori diantaranya DB 1 bebek 4tak tune-up sd 130CC, DB2 bebek 4tak tune-up sd 200CC, DB3 sport 2tak frame standar, DB4matic tune up 200 CC.

Selanjutnya DB 5 Sport 2Tak tune-up 155CC, DB6 Bebek 2Tak Standar 116 CC, DB7 bebek 2Tak tune-up 130CC, dan DB8 bebek 4Tak standar 150CC serta DB9 Free For All sd650CC.

Adapun untuk peserta yang akan tampil, menurut dia, bukan hanya dari wilayah Sulawesi namun juga pulau Jawa seperti Jawa Timur, Jawa Barat, Jawa Tengah dan Yogyakarta. Namun khusus peserta dari luar regionl Sulawesi tidak akan diberikan poin pada lomba nanti namun hanya untuk hadiah.

Menurut dia, jumlah peserta yang mendaftarkan diri hari ini sudah mencapai ratusan peserta.Adapun untuk racenya sendiri mencapai dua ratusan karena satu pebalap biasanya mendaftrakan diri pada dua nomor lomba.

"Kami pada intinya ingin memberikan tontonan menarik bagi masyarakat yang hadir dalam kegiatan nanti. Dalam peringatan HUT ini memang akan dilaksanakan beberapa kegiatan menarik dan tentunya kejurnas gar race menjadi salah satu yang layak disaksikan bersama keluarga," ujarnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024