Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan (Pemprov Sulsel) meraih Piagam Apresiasi terhadap penyelenggaraan Pemerintahan Daerah dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke XX Tahun 2016.

"Penilaian terhadap penyelenggaraan pemerintahan daerah ini sangat selektif dengan kriteria yang cukup banyak," kata Kepala Biro Pemerintahan Daerah Setda Provinsi Sulawesi Selatan Baso Pangerang, Senin malam (25/4).

Sulawesi Selatan adalah salah satu dari enam provinsi di Indonesia yang meraih penghargaan tersebut.

Keenam provinsi tersebut adalah Jawa Timur, Jawa Tengah, Jawa Barat, Kalimantan Timur, Sulawesi Selatan dan Kepulauan Riau.

Sementara tiga Kabupaten/Kota di Sulawesi Selatan yang turut mendapatkan piagam dalam rangka Hari Otonomi Daerah ke XX yaitu, Kabupaten Pinrang, Kota Makassar dan Luwu Utara.

Penyerahan Piagam tersebut dilaksanakan di Alun Alun Kabupaten Kulon Progo Daerah Istimewa Yogyakarta oleh Dirjen Otonomi Daerah Departemen Dalam Negeri RI Dr. Sumarsono atas nama Presiden RI pada puncak peringatan Hari Otonomi Daerah ke XX dalam acara Apresiasi Kinerja Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah.

Piagam Apresiasi Penyelenggaraan Pemerintahan Daerah diterima langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Selatan Agus Arifin Nu`mang.

Dirjen Otonomi Daerah Kementerian Dalam Negeri RI Dr. Sumarsono mengatakan bahwa Pemerintah Republik Indonesia memberikan apresiasi yang tinggi kepada para Kepala Daerah Berprestasi dalam menjalankan urusan pemerintahan daerah.

Sumarsono juga mengatakan bahwa bagi kepala daerah yang ingin maju kembali sebagai kepala daerah, itu tidak perlu lagi untuk melakukan kampanye karena prestasi tersebut adalah bukti nyata dari hasil kerja para kepala daerah dalam mengemban amanah dalam penyelenggaraan pemerintahan daerah.

"Jadi para kepala daerah yang akan ikut Pilkada, tidak usah repot repot untuk berkampanye, karena prestasi ini merupakan nilai kampanye nyata yang sangat mengagumkan," kata Sumarsono.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024