Jayapura (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Provinsi (Pemprov) Papua telah menetapkan pola moda transportasi terpadu untuk mengoptimalkan seluruh akses di kabupaten/kota yang ada di Papua.

"Moda tranpsortasi terpadu kita akan kembangkan dan bisa menjadi kekuatan bagi Papua," ujar Kepala Badan Perencanaan Pembangunan Daerah (Bappeda) Provinsi Papua Muhammad Musaad, di Jayapura, Kamis.

Dijelaskannya selama ini pembangunan ruas jalan di Papua cukup banyak sehingga harus ada yang diprioritaskan. Sedangkan Total jalan yang menjadi tanggungan provinsi mencapai 4.000 KM dan itu merupakan tanggung jawab provinsi selama lima tahun ini.

"Sehingga dengan begitu kita mencoba untuk membagi moda transportasi, tidak hanya berbicara jalan, tetapi juga kita bicara tentang transportasi laut dan transportasi udara, termasuk sungai," kata dia.

Menurut Musaad bila seluruh daerah di Papua, terutama kawasan pegunungan, dibutuhkan anggaran yang sangat besar sehingga diperlukan moda transportasi lainnya.

"Jadi di Papua ini kita harapkan pengembangannya melalui itu karena tidak mungkin kita mau paksakan semua harus melalui jalan darat karena membutuhkan biaya yang tinggi sehingga kita mengedepankan semua moda transportasi di Papua yang bisa kita lakukan dan terpadu," ujarnya lagi.

Ia pun mengemukakan bahwa pemerintah selalu berusaha agar seluruh kabupaten hingga tingkat kampung dapat dibuka akses transportasinya, namun dengan kondisi anggaran yang ada harus dibuat solusi lain yang setidaknya dapat memotong angka kemahalan yang selama ini ada.

"Dengan begitu biaya bisa lebih rendah dan resikonya juga bisa lebih rendah. Kita juga sudah petakan kawasan mana daerah yang bisa dikembangkan transportasi darat, ada juga transportasi laut dan ada juga yang membutuhkan transportasi udara," kata Musaad. 

Pewarta : Dhias Suwandi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024