Makassar (ANTARA Sulsel) - Wakil Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) H Agus Arifin Nu`mang meminta pada pihak PT Garuda Indonesia Tbk untuk dapat beroperasi di Bua, Kabupaten Luwu, Sulsel dalam waktu dekat.

"Sebenarnya sudah lama kita bermohon, sebenarnya Garuda sudah lama bermohon ke pihak Kementerian Perhubungan untuk dapat beroperasi di Bua," kata Agus disela-sela pembukaan Garuda Indonesia Travel Fair (GITF) 2016 di Makassar, Jumat.

Menurut dia, semua sudah dikomunikasikan, namun diakui masih terbatas pesawat ATR untuk beroperasi ke bandara di Bua, Kabupaten Luwu. Karena itu, jika kondisinya demikian, diharapkan pesawat yang sudah beroperasi saja dapat singga ke wilayah itu.

Mengenai kesiapan bandara, diakui, sudah layak sesuai dengan standar keselamatan penerbangan apabila ditinjau dari panjang run way ataupun ketebalan landasan.

"Izinnya di Kementerian Perhubungan dan saya sudah menghadap Direktur Perhubungan Udara," katanya.

Sementara itu, General Manager PT Garuda Indonesia, Tbk. Region Sulawesi, Maluku dan Papua (Sulampua) D Ediono mengatakan, pihaknya menyambut positif rencana pembukaan rute baru itu.

Alasannya, karena Bua merupakan sentra dari Sulawesi yang dapat menghubungkan daerah di sekitarnya, termasuk lokasi objek wisata di Kabupaten Tana Toraja, Sulsel.

"Nanti saya upayakanlah dalam bulan ini untuk meyakinkan manajemen. Kalau kesediaan pesawat mudah-mudahan dapat secepatnya," ujarnya.

Sementara terkait target penjualan tiket Garuda pada GITF itu, Manager Sales and Services Branch Office Makassar PT Garuda Indonesia, Tbk Tubagus Irfan Farhan mengatakan, pihaknya menargetkan dapat mencapai Rp15 miliar.

"Hal ini mencermati tingginya animo masyarakat untuk memperoleh tiket untuk perjalanan yang sudah direncanakan jauh-jauh hari sebelumnya, baik itu untuk perjalanan dalam maupun luar negeri," katanya.

Mengenai target pengunjung, Irfan mengatakan, diharapkan dapat mencapai 20 ribu orang pengujung yang telah disiapkan diskon khusus untuk pembelian tiket ataupun memperoleh berbagai pernak-pernik yang menarik.

Kegiatan GITF 2016 yang diikuti sedikitnya 40 travel dan biro perjalanan ini, digelar di salah satu mal ternama di Makassar mulai 29 April - 1 Mei 2016.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024