Majene, Sulbar (ANTARA Sulbar) - Program studi Ekonomi Manajemen dan Teknik Informatika masih menjadi favorit para pendafar sejak dibukanya pendaftaran penerimaan calon mahasiswa baru melalui jalur Seleksi Bersama Masuk Perguruan Tinggi Negeri (SBMPTN) di Kampus Universitas Negeri Sulawesi Barat.

"Kita telah membuka pendaftaran sejak lima hari terakhir ini. Data sementara kedua program studi tersebut terbayak didaftar para lulusan SMA sederajat. Hingga kini telah tercatat lebih 600 orang telah mendaftar di Unsulbar," kata Kepala Biro Akademik dan Kemahasiswa Unsulbar, Latif Dollah di Majene, Sabtu.

Ia menjelaskan Unsulbar yang merupakan sub Panitia Lokal pemerimaan mahasiswa baru membuka 17 program studi. Selain Manajemen dan Teknik Informatika, program studi lainnya yang dapat didaftar pada calon maba antara lain jurusan Ilmu Politik, Hubungan Internasional, Ilmu Hukum, pendidikan Bahasa Inggris, pendidikan Matematika, Keperawatan, Kehutanan, Peternakan , Perikanan serta program studi lainnya.

"Peserta dapat memilih Tiga program studi berbeda, pendaftarannya secara on line melalui website https://pendaftaran.sbmptn.ac.id, untuk tahun ini kami mengalokasi 700 kursi untuk mahasiswa baru," kata Latif Dollah.

Ia menjelaskan untuk pilihan pertama hingga hari ke Lima, jumlah pendaftar program studi Manajemen sudah mencapai 46 persen, disusul Teknik Informatika kemudian Akuntansi dan Agribinsnis.

Sementara itu, kendati proses pendaftaran dilakukan melalui jalur on line, calon mendaftar dilakukan melalui website, Unsulbar berinisiatif tetap membuka pos pelayanan di rektorat Unsulbar kelurahan Tande Timur, Majene.

Menurut Latif Dollah, pembukaan pos pelayanan itu untuk membantu para calon pendaftar dalam proses pendaftaran.

Sejak dibukanya pos pelayanan informasi SBMPTN Unsulbar, para calon pendaftar yang sebagian didampingi orang tuanya mendatangi kampus Unsulbar guna mencari informasi tentang program-program studi di Unsulbar yang dapat didaftar dan juga syarat-syarat mendaftar SBMPTN on line.

Berdasarkan tahapan penerimaan mahasiswa baru, untuk jalur SBMPTN yang telah dibuka sejak 25 April, pendaftaran akan ditutup pada 20 Mei mendatang. Selain jalur SBMPTN, Unsulbar juga akan membuka penerimaan mahasiswa baru melalui jalur Mandiri.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024