Mamuju (ANTARA Sulbar) - Bupati Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat H Habsi Wahid membuka konsultasi publik rancangan awal Rencana Pembangunan Jangka Menengah Daerah (RPJMD) 2016-2017 yang diselenggarakan di kantor bupati setempat, Rabu.

Bupati Mamuju H Habsi Wahid mengatakan, konsultasi publik RPJMD 2017-2021 sebagai bagian dari penjabaran visi dan misi janji politik pada saat kampanye yang lalu.

"Visi misi yang kami tawarkan pada saat kampanye ke masyarakat dan akhirnya membuat kami berhasil menjadi pemimpin daerah ini, visi itu ada tiga yaitu mewujudkan Mamuju yang Maju, Sejahtera dan Ramah,: katanya pula.

Dia menyatakan, kemudian ada persoalan mendasar yang harus dituntaskan yaitu masalah pendidikan dan kesehatan, sehingga harus menjadi prioritas dalam membangun daerah ini.

"10 tahun Suhardi Duka telah melakukan capaian yang perlu dilanjutkan dan diluruskan, seperti masih harus membuat kebijakan pendidikan dan kesehatan secara gratis," ujar Habsi pula.

Ia menambahkan, dari hasil pertemuan bersama Wakil Bupati Mamuju H Irwan SP Pababari dalam menata pemerintahan daerah ini, kemudian disusun program pembangunan dan kemasyarakatan untuk lima tahun kedepan.

"Saya sampaikan dalam pemerintahan saya ini tentu semuanya terbuka, bebas untuk dikritisi, terbuka untuk diberikan pandangan-pandangan, kerena sesungguhnya pemimpin itu tidak memiliki kemampuan lebih dibanding dengan masyarakat. kerja sama itu akan bisa membangun daerah yang kita cintai ini untuk lima tahun ke depan," kata Habsi.

Forum konsultasi publik tersebut bertujuan untuk mendapatkan saran dan masukan dari para pemangku kepentingan, sebagai bahan penyempurnaan rancangan awal RPJMD Kabupaten Mamuju tahun 2016-2017.

Pelaksanaan konsultasi tersebut merupakan tahapan kedua dari enam tahapan yang harus dilalui sebelum dokumen dapat dijadikan bahan dalam penyusunan rencana tahunan oleh setiap satuan kerja perangkat daerah (SKPD).

Adapun tahap yang harus dilalui dimulai dari persiapan penyusunan RPJMD, penyusunan rancangan awal RPJMD, penyusunan rancangan RPJMD, pelaksanaan musrenbang RPJMD, perumusan rancangan akhir, dan penetapan peraturan daerah tentang RPJMD.

Konsultasi publik tersebut dihadiri oleh wakil ketua dan anggota DPRD Kabupaten Mamuju, Kepala Bappeda Rahmat Tahir, staf ahli, para pimpinan SKPD, camat, LSM dan Dr Agus Salim selaku konsultan penyusunan RPJMD.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024