Makasar (ANTARA Sulsel) - Wakil Wali Kota Makassar Syamsu Rizal MI memberikan apresiasi terhadap sejumlah karya foto mengangkat pelabuhan Paotere termasuk lomba foto yang dilaksanakan sejumlah komunitas tergabung dalam Fotografer na` Anak Makassar, Sulawesi Selatan.

"Saya memberikan apresiasi terhadap karya-karya foto aktifitas nelayan yang diabadikan para fotografer muda anak Makassar yang dipamerkan hari ini," katanya saat membuka acara di Pelabuhan Paotere Makassar, Jumat.

Selain itu karya-karya foto, pria disapa akrab Deng Ical ini juga memberikan semangat bagi para peserta lomba foto bertajuk "Membingkai Paotere" dilaksanakan 13-15 Mei 2016 untuk memmpersembahkan karya terbaiknya ketika mengabdikan segala sesuatu di pelabuhan rakyat tersebut.

"Pelabuhan Paotere ini mempunyai sejarah panjang dan aktivitas pelabuhan yang paling tua di Makassar. Tentunya momen seperti ini harus di maksimalkan sebaik mungkin," tambahnya.

Sementara Ketua panitia pelaksana M Ridham mengatakan seluruh foto yang dipamerkan berjumlah 150 frame yang memuat segala aktivitas nelayan dan sendi kehidupan di pelabuhan Paotere tersebut.

"Panitia menerima foto sebanyak 372 dan beberapa foto diataranya juga diabadikan fotografer dari luar sulawesi seperti Papua dan Jakarta. Dan yang lolos seleksi untuk dipamerkan sebanyak 150 frame," katanya.

Kegiatan tersebut lanjut dia, berlangsung 13-15 Mei 2016 dan disponsori PT Pelindo IV sebagai pengelola pelabuhan rakyat dan didukung dengan sponsor lainnya serta Dinas Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Kota Makassar.

Selain pameran foto juga dilaksanakan lomba foto instagram, lomba hunting foto, diskusi fotografi, dogeng anak, pertunjukan kesenian dan permainan anak tradisional.

"Kegiatan ini diharapkan mencairkan sekat-sekat yang selama ini mungkin ada antara senior mupun junior, aliran serta kelompok atau organisasi fotografi untuk menyatukan semangat yang ingin memulangkan fotografi kembali kepada subjeknya," tambah dia.

Mengenai lomba dibagi menjadi dua kategori yakni foto on the spot dan foto instagram. Sedangkan total hadiah berupa uang tunai jutaan rupiah. Lima karya terbaik masing-masing mendapatkan, juara I Rp1,5 juta, juara II Rp1 juta, juara III Rp750 ribu, juara favorit Rp500 ribu dan 10 juara harapan masing-masing mendapatkan Rp250 ribu

Bertindak dewan juri untuk menilai foto-foto tersebut yakni Armin Hari, Junaidi Sudirman, serta pihak Pelindo IV. Keputusan juri mutlak dan tidak dapat diganggu gugat. Dengan mengisi formulir pada saat pendaftaran berarti peserta telah menyetujuinya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024