Makassar (ANTARA Sulsel ) - Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto mengharapkan masjid bisa menjadi alternatif dan penawar dari semua problematika sosial yang tengah dihadapi saat ini.

"Fenomena sosial yang terjadi selama beberapa tahun terakhir ini semakin meningkat dan kita berharapnya masjid bisa menjadi solusi dan penawar dari itu semua," ujarnya di Makassar, Minggu.

Danny Pomanto -- sapaan akrab wali kota juga punya harapan besar kepada para pengurus masjid agar bisa merangkul masyarakat sekitar dalam memakmurkan masjid.

Lebih dari itu, obsesinya melihat masjid dapat menjadi obat penawar bagi beragam problematika sosial yang mendera masyarakat bisa direalisasikan oleh tokoh-tokoh masyarakat.

Wali kota merasa prihatin dan resah terhadap sejumlah pemberitaan di media massa yang mengangkat kasus kekerasan terhadap anak di bawah umur.

"Di masjid kita bisa mendekatkan diri kepada pencipta kita dan kita juga bisa berinteraksi langsung dengan warga lainnya serta bisa mendeteksi apa-apa saja yang terjadi dalam masyarakat," katanya.

Menurut dia, masjid dapat menjadi sentrum bagi pemecahan masalah sosial di masyarakat dengan mendorong jamaahnya memiliki kepekaan terhadap lingkungannya,

"Masalah sosial muncul karena masyarakat kita kurang peduli terhadap lingkungannya. Masjid dapat merangkul masyarakat melalui dakwah yang dapat memupuk dan menumbuhkan nilai-nilai keagamaan, kecintaan kepada sesama dan lingkungan," paparnya.

Problem sosial menurut Danny hanya dapat dipecahkan bila pemerintah bersama-sama masyarakat, lembaga keagamaan, TNI, dan Polri bersinergi menjawab persoalan yang ada.

"Deteksi sosial kita butuhkan untuk menghindari timbulnya permasalahan sosial di masyarakat. Hal itu hanya dapat terwujud jika kita semua bersatu. Pemerintah tidak dapat bekerja sendiri," ungkapnya.

Sejauh ini, Pemerintah Kota Makassar telah meluncurkan sejumlah program di bidang sosial keagamaan seperti pengajian per kelurahan, insentif bagi hafiz, guru mengaji dan pemandi jenazah. Semua itu ditujukan untuk meningkatkan pengetahuan agama, kualitas keimanan, dan kesejahteraan bagi rohaniawan.

Sementara itu, Asisten IV Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan, Ruslan Abu menyampaikan masjid melalui kegiatan dakwah Islam dapat meningkatkan wawasan keislaman dan kebangsaan.

"Lewat dakwah kita dapat membangun peradaban Islam, menjadikan Islam rahmat bagi alam semesta dengan memberikan kontribusi pengetahuan, keadilan bagi seluruh umat manusia," ujar Ruslan.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024