Makassar (ANTARA Sulsel) - Pesan singkat (SMS) Bunda yang berisi informasi panduan diharapkan dapat menekan angka kematian ibu dan bayi.

"Dengan memberikan informasi dan panduan apa yang harusnya dilakukan oleh ibu hamil ataupun yang sudah memiliki bayi hingga usia dua tahun, diharapkan dapat menurunkan angka kelahiran ibu dan bayi," kata Kasi Kesehatan Kota Makassar Hj Wirda pada diskusi kesehatan di Makassar, Kamis.

Pada Diskusi yang mengangkat tema "Menurunkan Angka Kematian Ibu dan Bayi Melalui SMS Bunda" ini dipaparkan tujuan dan manfaat dari layanan SMS Bunda tersebut.

Menurut Wirda, ibu hamil atau yang memiliki bayi yang sudah terdaftar atau teregistrasi akan mendapatkan SMS secara rutin dengan gratis. Pesan singkat melalui telepon seluler itu berisi informasi dan tips kesehatan bagi ibu hamil sampai anak berusia dua tahun.

Dia mengatakan, untuk mendaftar cukup mengirim SMS ke nomor telepon seluler 08118469468 yang isinya adalah REG (spasi) perkiraan tanggal bersalin (spasi) Kab/Kota. Sebagai contoh, REG 23/07/2016 MAKASSAR.

Setelah mendapatkan konfirmasi, lanjut dia, maka ibu hamil ataupun yang ibu yang memiliki bayi hingga dua tahun akan mendapatkan SMS tentang cara menjaga kesehatan.

Hal itu dibenarkan Tim Klinis SMS Bunda, Istiani Puraabsari. Menurut dia, melalui SMS Bunda itu akan meningkatkan pengetahuan ibu tentang praktek perawatan kesehatan yang tepat dan hal-hal yang harus diantisipasi selama masa hamil, saat melahirkan dan pasca melahirkan.

"Termasuk meningkatkan kemampuan para ibu untuk mengenali tanda-tanda bahaya selama kehamilan dan pada bulan pertama kelahiran," katanya.

Adapun SMS Bunda mengirimkan pesan mengenai pentingnya menerima perawatan dari tenaga terampil selama kehamilan, saat melahirkan dan setelah melahirkan.

Selain itu, juga menginformasikan tanda-tanda komplikasi kehamilan, persiapan melahirkan, penggunaan suplemen zat besi, gizi untuk ibu dan pemberian ASI, praktek perawatan nifas dan bayi baru lahir, keluarga berencana, tanda-tanda penyakit pada bayi bari lahir dan kapan mencari penanganan.

"Selain ibu hamil bersangkutan atau yang memiliki bayi dapat mendaftarkan diri langsung, juga dapat didaftarkan oleh orang lain seperti keluarga, kerabat atau bidan dan tenaga medis lainnya," kata Istiani.

Dia menambahkan, cukup mengirim pesan ke nomor hp tujuan 0811469468 yang berisi pesan, UNDANG (spasi) No Hp (spasi) perkiraan tanggal bersalin (spasi) kab/kota.

Diskusi kesehatan yang digelar di Makassar ini, dihadiri para jurnalis, blogger, komunitas pemerhati ibu dan anak dan kalangan umum.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024