Makassar (ANTARA Sulsel) - Harga sejumlah bahan kebutuhan pokok seperti gula pasir dan minyak goreng curah di Makassar mulai merangkak naik menjelang bulan suci Ramadhan.

"Harga gula curah saat ini Rp15 ribu per kg, sebelumnya harga gula masih berkisar antara Rp12 ribu hingga Rp13 ribu per kg," kata salah seorang pedagang di Pasar Pa`baeng-baeng H. Agus yang ditemui di Makassar, Jumat.

Ini berarti komoditi ini mengalami kenaikan antara 15,3 persen hingga 25 persen, dalam sebulan terakhir.

Kenaikan harga juga terjadi pada komoditi minyak curah. Menurut H. Agus, harga minyak per jerigen isi 21,5 liter kini mencapai Rp215 ribu.

"Padahal sebelumnya harga hanya mencapai Rp165 ribu per jerigen," kata dia.

Kenaikan harga yang signifikan juga terjadi pada komoditi bawang putih.

"Saat ini, harga bawang putih Rp35 ribu hingga Rp40 ribu, padahal sebelumnya hanya Rp30 ribu. Ini sudah naik selama dua hari," kata pedagang sayuran Ida.

Harga tomat juga naik dari Rp4 ribu per kg menjadi Rp6 ribu per kg. Sementara untuk bawang merah, harga cenderung turun dari Rp45 ribu ke Rp35 ribu per kg.

Terkait naiknya harga gula pasir, Gubernur Sulsel Syahrul Yasin Limpo yang melakukan pemantauan di Pasar Tradisional mengatakan akan memberi perhatian lebih untuk komoditi ini.

"Yang baru menjadi perhatian adalah gula, saat ini harganya sudah mencapai Rp15 ribu per kg," kata dia.

Pihaknya, telah menstimulasi pasar dengan mengadakan pasar murah gula dengan harga Rp12500 per kg di dekat pasar Pa`baeng-baeng.

"Saya akan bersurat ke Menteri Perdagangan agar memberi perhatian lebih, agar ada stoking gula," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor :
Copyright © ANTARA 2024