Makassar (ANTARA Sulsel) - Banteng Musik Festival merupakan kegiatan Partai Demokrasi Indonesia Perjuangan (PDIP) Sulawesi Selatan digelar 28 Mei 2016 di Ajungan Pantai Losari, Makassar diduga ajang sosialisasi partai.

"Kegiatan ini bersifat positif untuk memberikan generasi muda kesibukan serta mengapresiasi kesana. Kalau orientasi sosialisasi partai kesana, iya, tapi ini persoalan niat baik saja," kilah Ketua Panitia, Abdullah Tappareng di Makassar, Jumat.

Meski demikian adanya orientasi partai untuk meraih simpati pemilih pemula dalam acara tersebut, kata dia membernarkan. Namun tergantung pemilih akan memilih siapa nantinya.

Terkait dengan hal itu, dirinya tidak menafikan bahwa akan banyak pengunjung yang ikut menyaksikan pertujukan 15 Band terseleksi dari sejumlah perwakilan Dewan Pimpinan Cabang di Kabupaten dan Kota se-Sulsel.

"Ada 15 Band yang sudah diseleksi empat diantarnya dari Makassar. Rencananya kegiatan ini dibuka Ketua DPW PDIP Sulsel Andi Ridwan Wittiri,` katanya kepada wartawan dalam keterangan persnya.

Semua band yang bertanding, lanjutnya akan ditentukan juara I, II, III dan dua harapan. Bagi juara I berhak mengikuti kompetisi di Jakarta memperebutkan juara Ketua Umum PDIP Megawati Sukarno Putri.

"Juara satu nanti akan dibawa ke Jakarta dan bertanding lagi dengan sejumlah juara-juara dari provinsi lainnya," tambah Abdullah.

Sekertaris penyelenggara Risfayanti Muin pada kesempatan itu menjelaskan seluruh peserta wajib membawakan lagu Bung Karno Bapak Bangsa, Gemah Ripah Loh Jinawi, Vivere Pericoloso dan Point of No Return, lagu internal PDIP, dengan pencipta Rodinda.

Sedangkan lagu pilihan yakni lagu nasional berbahasa Indonesia maupun lagu daerah dan bukan lagu bebas, seperti Padamu Negeri dan lainya yang berbau nasionalis.

"Lagu pilihan, lagu daerah berbahasan Indonesia atau daerah atau bisa lagu ciptaan sendiri tergantung kreasi mereka bebas, semakin menarik maka tentu akan berpeluang besar menang," katanya.

Mengenai dengan hadiah uang tunai dan Tropy untuk juara I Rp5 juta, berhak ke Jakarta juara II Rp2 juta, dan Juara III Rp1 juta serta harapan I dan II masing-masing Rp500 ribu.

"Kegiatan ini bertujuan sebagai bentuk menanamkan kecintaan pada lagu nasional atau lagu daerah bernusansa kerakyaatn kebudayan dan jiwa patrioptis," ucapnya.

Pewarta : Darwin Fatir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024