Makassar (ANTARA Sulsel) - Pangkalan TNI Angkatan Laut (Lantamal VI) menerjunkan sekitar 300 lebih personel atau sekitar satu satuan setingkat kompi (SSK) beserta perahu dan speed boatnya untuk membersihkan Pantai Losari.

Ketua Panitia Hari Ulang Tahun (HUT) ke-66 Lantamal VI, Mayor Laut (P) Mahfud Efendi di Makassar, Senin, mengatakan, pengerahan personel dalam bersih-bersih Pantai Losari Makassar itu bagian dari peringatan hari ulang tahun Lantamal.

"Kerja bakti ini digelar sebagai wujud kepedulian Lantamal VI akan kebersihan dan keindahan anjungan Pantai Losari yang kita ketahui merupakan Ikon Kota Makassar," ujarnya.

Personil Lantamal VI yang diterjungkan merupakan anggota Militer dan Pegawai Negeri Sipil (PNS) TNI AL dalam menyisir dan membersihkan pantai dari sampah-sampah plastik yang berserakan.

Beberapa peralatan yang mendukung untuk pembersihan itu seperti empat perahu karet dan empat speed boat yang digunakan dalam menyisir sekitar anjungan pantai Losari.

"Ada empat perahu karet dan empat speed boat yang kita kerahkan. Perahu karet ini dimaksudkan untuk menampung sampah plastik dan ditempati sejumlah personel lainnya. Begitu juga speed boatnya yang dipakai menyusuri laut untuk memungut sampah botol plastiknya," katanya.

Menurutnya, kerja bakti ini juga dilakukan agar tumbuh kesadaran masyarakat akan pentingnya kebersihan. Apalagi, lanjutnya, Kota Makassar mempunyai slogan menuju kota dunia.

Turut hadir pada bersih pantai yakni Asisten Logistik (Aslog) Danlantamal VI, Dandenma Lantamal VI serta Kadis/Kasatker Lantamal VI serta para pejabat yang hadir terlihat turut serta memungut sampah.

Pewarta : Muh Hasanuddin
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024