Makassar (ANTARA Sulsel) - Pengunjung Taman Wisata Alam (TWA) Bantimurung, Kabupaten Maros, Sulsel diatas 10 ribu orang pada Minggu ceria atau menjelang Ramadhan.

"Pada Minggu ceria pekan lalu (29/5), jumlah pengunjung mencapai 10.800 orang, jumlah itu terus bertambah dalam sepekan hingga H-1 sebelum Ramadhan," kata Seksi Pengelola TWA Bantimurung Anwar Nompo di Bantimurung, Maros, Sulsel, Senin.

Dia mengatakan, pengunjung yang ke Bantimurung selain warga setempat, juga dari luar daerah yang berjulukan "Butta Salewangang" ini, seperti Kota Makassar, Kabupaten Gowa dan Pangkep.

Sementara dari kunjungan minggu ceria tersebut, diakui rata-rata mencapai 1.000 orang pengujung atau dua kali lipat dibandingkan kondisi normal.

"Kalau hari-hari biasa, jumlah pengunjung hanya sekitar 500 orang saja per hari," ujar Anwar.

Mengenai realisasi kunjungan pada 2015, dari data pengelola TWA Bantimurung diketahui tercatat sekitar 356 ribu orang yang merupakan wisatawan lokal. Sedang wisatawan mancanegara sebanyak 3.022 orang.

"Untuk tahun ini, proyeksi target kunjungannya mencapai 400 ribu orang," kata lelaki yang sudah bertugas di TWA Bantimurung lebih dari 10 tahun ini.

Adapun harga karcis yang dijual pada loket tertera Rp25 ribu untuk pengunjung lokal, sedang wisatawan mancanegara dikenakan Rp250 ribu per orang.

Pewarta : Suriani Mappong
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024