Makassar (ANTARA Sulsel) - Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar menjajaki kerja sama dengan Universitas Fathi Sultan Mehmed, salah satu perguruan tinggi swasta yang berlokasi di Istanbul, Turki.

"UMI mengunjungi Turki untuk penjajakan kerja sama dengan beberapa perguruan tinggi yang terakreditasi di Turki sekaligus belajar tentang manajemen pengelolaan keuangan dan peradaban di Turki selama tujuh hari," ujar Humas UMI, Nurjannah Abna di Makassar, Rabu.

Rombongan UMI dipimpin Wakil Rektor II Dr Ir H.Iskandar.

Kunjungan pertama dilakukan ke Universitas Fathi Sultan Mehmed dan diterima oleh Kepala Pemuda dan Olahraga Universitas Fathi Sultan Mahmud Kudret Dogan.

"Kudret yang menangani kerja sama dan beasiswa bagi mahasiswa atau dosen yang akan lanjut studi di Turki dan perwakilan organisasi mahasiswa Indonesia Wildan yang juga sementara kuliah program S2 di universitas tersebut," katanya.

Kudret menyambut baik kunjungan pimpinan UMI yang terdiri atas wakil dekan bidang keuangan.

Universitas Sultan Mahmed salah satu PTS yang didirikan pada 2010 yang memiliki kesamaan dengan UMI sebagai wakaf. Bedanya PTS Sultan Mahmud merupakan wakaf dari pemerintah. Kampus ini membina program S1, S2 dan S3 seperti Islamic science, komunikasi, arsitek dan hukum.

Wakil Rektor 2 UMI, DR IrH Iskandar BP MSc berterima kasih atas penerimaan yang baik dan beberapa informasi khusunya penyiapan bea siswa bagi dosen selama kuliah di Turki.

"Turki dikenal sebagai negara yang memiliki peradaban Islam yang tinggi, karena itu semoga kehadiran UMI dan penjajakan kerja sama kedua pihak dapat terlaksana untuk pengembangan kedua istitusi ke depan," katanya.

Mantan dekan Fak Teknik UMI ini di sela2 perjalaan menuju Usadase salah satu kota di Turki mengatakan bahwa selain kunjungan ke perguruan tinggi yang memiliki visi dan misi yang sama dengan UMI sebagai lembaga pendidikan dan dakwah mereka juga mengunjungi beberapa tempat peninggalan sejarah Islam di Turki.

Pewarta : Agus Setiawan
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024