Makassar (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kota (Pemkot) Makassar terus berkomitmen membantu dan mempermudah segala bentuk perizinan bagi para pelaku ekonomi kreatif demi meningkatkan perekonomian masyarakat di Kota Daeng.

Wakil Wali Kota Makassr, Syamsu Rizal di Makassar, Kamis, mengatakan pihaknya untuk tahun ini memang memberikan banyak perhatian kepada pelaku ekonomi kreatif dalam rangka meningkatkan kesejahteraan warganya.

"Sudah banyak kita terbitkan izin untuk usaha ekonomi kreatif, bagaimana kita akreditasi UKM yang mengembangkan ekonomi kreatif itu melalui spesial treatmen. Kami memiliki anggota di koperasi untuk menjaga jangan sampai ada pelaku ekonomi kreatif yang terhambat masalah perizinanya," kata dia.

Ia menjelaskan, pihaknya bukan hanya menpermudah atau menjamin perizinan namun juga memiliki garansi ke salah satu bank yang memang menyalurkan Paket Usaha Rakyat (KUR) untuk pelaku UKM ekonomi kreatif di Makassar.

Untuk tahun ini, kata dia, juga sudah banyak KUR dari pihak bank yang telah dikeluarkan bagi para pelaku UKM ekonomi kreatif.

"Kita juga bantu dalam pengambilan KUR. Misalkan pihak bank masih meminta persyaratan khusus agar bisa menyalurkan bantuan KURnya, pemerintah yang akan menjadi penjamin," katanya.

Semenara itu, pihaknya juga mengaku siap menyukseskan pelaksanaan konferensi internasional bertajuk " International Creative Cities Conference (ICCC) III" di Kota Daeng pada 2017.

"Potensi masyarakat Makassar terhadap ekonoi kreatif memang luar biasa. Kita bisa lihat mulai dari industri film, iklan, fashion, kuliner, budaya, termasuk seni dan sebagainya," jelasnya.

Terkait pemilihan Makassar sebagai tuan rumah sendiri tentunya karena perkembangan ekonomi kreatif di Kota Makassar. Apalagi pada saat berbicara di Malang pada ajang yang sama, justru begitu mendapat respon positif sehingga kemudian Makassar ditunjuk sebagai kota tuan rumah kedepan.

"Itupun mengapa kita (Pemkot Makassar) pada akhirnya memberikan perhatian yang lebih terhadap ekonomi kreatif," sebutnya. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024