Jayapura (ANTARA Sulsel) - Kepolisian Daerah Papua tidak berhasil memenuhi kuota penerimaan calon peserta Akademi Kepolisian (Akpol) 2016 dari target 15 orang hanya empat saja yang akan dikirim untuk mengikuti tes penerimaan terakhir.

"Tahun ini memang kuota tidak bisa dipenuhi bahkan di bawah standar," aku Kapolda Papua Irjen Pol Paulus Waterpauw kepada Antara di Jayapura, Sabtu.

Dia mengatakan, tidak terpenuhinya kuota karena berbagai faktor. Yang terakhir adalah hasil nilai ujian akhir nasional yang tidak memenuhi standar.

Polda Papua tercatat hanya mengirimkan empat calon Akpol dan itu semuanya putra.

Khusus untuk penerimaan Akpol, kata Waterpauw, ada beberapa kriteria penilaian yang tidak bisa diturunkan dan berlaku secara nasional sehingga keempat calon siswa itu nantinya akan dikirim ke Semarang untuk mengikuti tes akhir.

Waterpauw mengakui, untuk menjaring lebih banyak pelajar mengikuti tes Akpol, pihaknya akan bekerjasama dengan pemprov dan pemda se-Papua agar mereka dapat dilatih terlebih dahulu sebelum mengikuti tes penerimaan.

"Mudah-mudahan lebih banyak lagi pelajar asal Papua yang dapat terjaring dalam penerimaan Akpol," kata Paulus Waterpauw. 

Pewarta : Evarukdijati
Editor :
Copyright © ANTARA 2024