Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat, kini fokus untuk menjangkau layanan kesehatan khususnya bagi daerah terpencil yang ada di daerah itu.

"Pemprov lebih menitikberatkan jangkauan layanan kesehatan berkeadilan. Hal ini telah dilakukan koordinasi dengan masing-masing dinkes kabupaten di Sulbar," kata Kepala Dinas Kesehatan (Dinkes) Sulbar, dr.Achmad Azis di Mamuju, Sabtu.

Dalam rangka meningkatkan layanan kesehatan yang merata dan berkeadilan, tim kesehatan telah bergerak melaksanakan layanan kesehatan spesialistik dan layanan kesehatan umum, khususnya di desa Kalumpang Kabupaten Mamuju.

Ia menyebutkan, pelayanan kesehatan ini mencakup upaya promotif berupa penyuluhan TB, mendorong Prilaku Hidup Bersih dan Sehat ( PHBS) dan pemutaran Film kemudian upaya kuratif berupa operasi minor dan pengobatan oleh dokter umum.

"Kegiatan ini dilakukan secara bersama-sama dengan tim kesehatan kabupaten dan provinsi," ujarnya.

Achamd Azid menekankan, bahwa kegiatan ini sangat bermanfaat karena mampu menjangkau daerah yang kurang terjangkau, pemerataan pelayanan kesehatan yang berkualitas dan berkeadilan dalam rangka pencapaian derajat kesehatan masyarakat.

Ia berharap, tenaga kesehatan di Puskesmas sebagai ujung tombak keberhasilan program kesehatan harus mampu berbenah diri dengan mengikuti kemajuan perkembangan program kesehatan yang dicanangkan oleh Kemenkes, sehingga main set harus berubah bahwa sehat itu adalah sebuah investasi.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor :
Copyright © ANTARA 2024