Mamuju (ANTARA Sulbar) - Nelayan kapal kecil di Kabupaten Mamuju Provinsi Sulawesi Barat meminta bantuan kapal besar kepada pemerintah agar dapat menangkap ikan di laut yang dalam.

"Nasib kami nelayan kecil di Mamuju masih jauh dari kesejahteraan karena sarana kapal yang kami miliki tidak mampu menunjang untuk mendapatkan ikan lebih banyak," kata nelayan kapal kecil, Agus di Mamuju, Senin.

Ia mengatakan, ikan dipesisir perairan Mamuju sudah mulai berkurang, sehingga nelayan kecil harus menangkap ikan dilaut yang dalam yang tentu memiliki resiko besar untuk diarungi.

"Kalau mau dapat ikan banyak maka tentu kami harus melaut dilaut yang dalam, sementara masalah yang kami hadapi adalah kapal kami kecil yang tentu berbahaya ketika melaut dilaut dalam," katanya.

Oleh karena itu ia meminta agar pemerintah memberikan perhatian dengan membantu nelayan kapal kecil dengan memberikan kapal besar agar dapat melaut mencari ikan dilaut dalam.

"Kami ingin melaut ditengah perairan sulawesi karena disitu ikan banyak sehingga butuh kapal lebih besar, agar dapat meraih untung yang lebih besar, tidak seperti sekarang ini, kapal sudah kecil ikan juga berkurang," katanya.

Ia mengatakan, karena kapal yang dimiliki kecil terkadang nelayan tidak melaut karena ikan yang sudah berkurang, kalau dipaksakan melaut maka nelayan bisa rugi permodalan menangkap ikan.

"Kami melaut terkadang hingga 15 hari lamanya namun karena ikan kurang, terkadang nelayan pulang dengan tangan kosong, karena keuntungan yang didapat menangkap ikan hanya untuk permodalan menangkap ikan dilaut," katanya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024