Palu (ANTARA Sulsel) - Jajaran Dinas Perhubungan Provinsi Sulawesi Tengah memperkirakan puncak arus balik Lebaran di daerah itu terjadi pada hari ini atau H+4 lebaran 1437 Hijriah.

Kepala Dinas Perhubungan Sulteng, Haris Rengga di Palu, Minggu mengatakan puncak arus balik Lebaran sesuai prediksi terjadi hari ini untuk jalur transportasi darat dan udara.

Sejak H+2 Lebaran para pemudik yang pulang ke kampung halaman mereka menggunakan angkutan kota antarprovinsi dan angkutan kota dalam provinsi (AKAP/AKDP) maupun angkutan antarjemput dalam danluar wilayah Sulteng cukup padat.

Begitu pula halnya pemudik yang pulang menggunakan transportasi udara. Tetapi kepadatan arus balik Lebaran baik darat maupun lewat udara terjadi pada Minggu (10/7) atau H+3 Lebaran.

Sesuai data yang ada di posko PAM Lebaran baik arus mudik maupun balik Lebaran 2016 ini berjalan cukup lancar sesuai dengan harapan bersama.

Tidak ada hal-hal yang luar biasa terjadi selama masa mudik dan balik Lebaran kali ini. "Semua tentu berkat kerja sama pihak terkait di daerah ini,"kata Haris.

Kepala Bandara Mutiara Palu, Benyaim Noach Apituley membenarkan puncak arus balik Lebaran menggunakan moda transportasi udara terjadi pada H+3 Idul Fitri 1437 Hijriah.

Diperkirakan hari ini sebagian besar dari pemudik Lebaran sudah kembali lagi ke Kota Palu karena Senin (11/7) merupakan hari kerja bagi para pegawai dan karyawan serta sekolah dan kuliah bagi para pelajar dan mahasiswa di daerah ini. 

Pewarta : Anas Masa
Editor :
Copyright © ANTARA 2024