Mamuju (ANTARA Sulbar) - Gubernur Sulawesi Barat, H Anwar Adnan Saleh, mengemukakan bahwa potensi Sumber Daya Alam (SDA) di daerahnya memiliki daya saing tinggi yang bisa menarik investasi untuk kemakmuran masyarakat yang ada di daerah itu.

"Pada awal pemerintahan kami saat menjadi gubernur definitif pertama telah banyak investor yang hendak menggarap potensi SDA yang memang memiliki daya saing tinggi dibandingkan provinsi lainnya," kata gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Kamis.

Menurutnya, potensi SDA yang menjadi incaran investor selama ini ialah potensi tambang energi, minyak dan gas (migas), mineral, emas, batubara, uranium dan berbagai potensi lainnya.

Hanya saja kata gubernur dua periode ini, potensi alam ini belum bisa digarap maksimal karena dukungan energi litrik yang belum memadai.

Dari berbagai potensi alam yang telah digarap kata dia, potensi sumber migas yang telah dikelola pengusaha asing yakni gas yang ada di kepulauan Lere-Lerekang yang saat ini menjadi perebutan antara Sulbar dan Kalimantan Selatan.

Selain itu kata Anwar, ada empat perusahaan migas yang sedang melakukan tahap eksplorasi yang diharapkan mampu memberikan daya saing yang tinggi.

Karena itu kata dia, siapa pun gubernur terpilih di 2017 maka diharapkan mampu menjaga potensi sumber daya alam untuk kemakmuran rakyat yang mendiami daerah pemekaran provinsi ke-33 di Indonesia ini.

"Kami tentu menitip pesan kepada gubernur pilihan rakyat maka harus menjaga dan merawat potensi SDA yang ada di Sulbar. Ini pesan kami kepada gubernur terpilih pada pilgub 2017 yang akan datang," pesan Anwar.

Pewarta : Aco Ahmad
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024