Makassar (ANTARA Sulsel) - Gubernur Sulawesi Selatan (Sulsel) Syahrul Yasin Limpo menyiapkan program "Explore Sulsel" sebagai salah satu strategi menstimulasi pertumbuhan ekonomi Sulsel.

"Explore Sulsel dalam rangka hari Kemerdekaan, taglinenya nanti `Kami Merdeka, Kami Bangga, Kami Sayang, dan Sulsel selalu di Hati," kata Syahrul di Makassar, Kamis.

Dalam Explore Sulsel ini, Pemprov Sulsel akan mengeksplorasi potensi kuliner, bisnis, dan pariwisata di tiga kota utama di Indonesia, dengan menggunakan sarana kontainer.

Menurut gubernur, pihaknya akan menyiapkan tiga kontainer berukuran 40 kaki yang didesain sedemikian rupa sehingga menjadi semacam ruangan, dan masing-masing ditempatkan di tiga kota besar di Indonesia, yaitu Jakarta, Bali, dan Yogyakarta.

"Ketiga kontainer akan ditempatkan di titik strategis, kalau di Jakarta kami harapkan di letakkan di Parkir Timur, Senayan," ujar Syahrul.

Kontainer pertama, lanjutnya, akan berisi antara lain Palubasa Serigala, Konro Karebosi, Coto Sungguminasa, Bakso Atiraja, Kopi Toraja, Cokelat Luwu, dan Markisa yang menjadi kuliner khas Sulsel.

"Jadi dalam kontainer ada meja, dan kursi bagi pengunjung yang ingin menikmati kuliner khas Sulsel," tambah Syahrul.

Sementara di kontainer kedua akan menjadi ruang pameran dan perdagangan umum. Masyarakat berkesempatan untuk melihat sutra Sengkang ataupun kapurung instan.

Sedangkan kontainer ketiga akan disulap menjadi bioskop mini yang memutar film terkait potensi wisata di kabupaten/kota di Indonesia.

Dengan demikian masyarakat maupun investor pengusaha dapat melihat berbagai potensi Sulsel di Jakarta, Bali, dan Yogyakarta, dan diharapkan dapat tertarik berkunjung dan menanamkan investasinya di Sulsel.

"Harus ada terobosan yang kita lakukan, kalau tidak kita akan begitu-begitu saja," pungkasnya.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024