Mamuju (ANTARA Sulbar) - Pemerintah Provinsi Sulawesi Barat akan membangun Depo Pertamina di Tanjung Tubo, Kabupaten Majene, bekerja sama dengan PT Pertamina untuk memenuhi kebutuhan minyak dan gas masyarakat Sulbar.

Gubernur Sulbar, Anwar Adnan Saleh di Mamuju, Minggu, mengatakan bahwa pemerintah telah menyiapkan lahan untuk pembangunan Depo Pertamina tersebut sekitar 10 hektare di kawasan Tanjung Tubo Majene.

Ia mengatakan lahan yang disiapkan tersebut telah dibebaskan sehingga pembangunan Depo Pertamina tersebut sudah dapat dilaksanakan dengan anggaran yang disiapkan sekitar Rp100 miliar.

Menurut dia, pembangunan depo tersebut sebelumnya telah dilakukan penandatangan kesepakatan antara pemerintah di Sulbar dan PT Pertamina.

"Empat tahun lalu sudah ada rencana pembangunan depo pertamina di Sulbar, namun karena ada kendala teknis kesepakatan kerjasama ini baru akan kembali dilaksanakan tahun ini," katanya.

Menurut dia, pembangunan Depo Pertamina di Sulbar dilaksanakan dengan tujuan agar kebutuhan BBM di Provinsi Sulbar dapat terpenuhi secara lansung dan tidak lagi didistribusikan dari Depo Pertamina Pare-Pare, Provinsi Sulawesi Selatan.

"Selama ini BBM di Sulbar dipasok dari Depo Pertamina Pare-Pare yang jaraknya sekitar 300 kilometer dari Kota Mamuju, makanya Provinsi Sulbar bertekad membangun sendiri Depo Pertamina agar tidak lagi kewalahan memasok BBM dari Pare-Pare yang jaraknya jauh, dan kadang terlambat," katanya.

Ia mengatakan pembangunan Depo Pertamina itu dalam rangka memenuhi kebutuhan BBM terhadap sejumlah industri di wilayah Provinsi Sulbar dan kebutuhan sejumlah kendaraan yang menjadi sarana transportasi di Sulbar yang jumlahnya terus meningkat seiring dengan berkembangnya Provinsi Sulbar sebagai sebuah daerah otonom baru. 

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024