Bantaeng (ANTARA Sulsel) - Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan Republik Indonesia Abdul Wahab Bangkona secara resmi membuka program Pelatihan Mekanik Otomotif kendaraan ringan yang dipusatkan di Balai Latihan Kerja (BLK) Bantaeng, Rabu.

Acara dirangkaikan dengan penyerahan bantuan kendaraan ambulan, Damkar dan mobil angkut sampah kepada delapan kabupaten / kota di Sulsel oleh Kementerian Dalam Negeri.

Pelaksanaan kegiatan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Pembinaan Pelatihan dan Produktivitas (Ditjen Binalattas), Kementerian Ketenagakerjaan bekerjasama dengan Japan International Cooperation Agency (JICA) dan Ehime Toyota Motor Cooperation (Ehime Toyota) Japan, melalui Dinas Sosial, Tenaga Kerja dan Transmigrasi Kabupaten Bantaeng ini ditujukan dalam rangka pengembangan SDM sektor otomotif di wilayah timur Indonesia.

Wakil Gubernur Prefecture Ehime Jepang, Toshifumi Joko, bersama Pimpinan JICA untuk Indonesia, Masatoshi Takashashi, Direktur Ehime Toyota Motor Corporation, Hidekazu Futagami, hadir langsung pada pembukaan Pelatihan Mekanik Otomotif BLK ini.

Sekretaris Jenderal Kementerian Ketenagakerjaan RI Abdul Wahab Bangkona sebelum membuka acara secara resmi mengatakan bahwa BLK merupakan solusi terbaik dalam meningkatkan SDM di Indonesia, khususnya Bantaeng.

"Apalagi di era MEA ini kita dituntut untuk mampu memanfaatkan berbagai potensi yang ada. Bekerjasama dengan Ehine Toyota, BLK akan merekrut siapa saja untuk diasah keterampilannya tanpa memerlukan ijazah pendidikan," katanya.

Bupati Bantaeng H.M. Nurdin Abdullah dalam sambutannya menuturkan peresmian sekolah mekanik BLK ini akan menjawab seluruh persoalan minimnya tenaga mekanik di Indonesia.

"Saya memiliki keyakinan besar bahwa sekolah ini akan memberi kontribusi besar terhadap penyiapan tenaga mekanik Indonesia", ujarnya.

Bupati menghaturkan terima kasih kepada Ehime Toyota yang menghibahkan mobil kendaraannya, serta kepada Kementerian Ketenagakerjaan karena atas bimbingan dan fasilitasinya sehingga Perda Nomor 2 Tahun 2015 tentang penyelenggaraan pelatihan kerja dan produktivitas dapat tersusun.

Saat ini sudah tiga kabupaten yang memiliki Perda serupa dan Bantaeng adalah Kabupaten kedua di Indonesia setelah Kabupaten Pasuruan Jawa Timur.

Terkait penyerahan bantuan kepada delapan kabupaten / kota, bupati berujar bahwa Bantaeng telah menikmati bantuan ini selama kurang lebih tujuh tahun.

Mobil ambulan berhasil menurunkan angka kematian ibu melahirkan menjadi nol. Hibah mobil sampah, dan damkar dengan kualitas luar biasa yang memiliki "sky lift" untuk mencapai gedung tinggi, yang mampu memadamkan api dengan waktu cepat.

"Hibah ini tidak hanya dinikmati oleh Bantaeng, namun juga telah diberikan kepada berbagai daerah. Kali ini Ehime menghibahkan 53 unit kendaraan untuk diberikan kepada delapan kabupaten / kota, antara lain Kabupaten Bantaeng, Pinrang, Enrekang, Jeneponto, Gorontalo Utara, Kota Palopo, Kota Gunung Sitoli dan Kota Palangkaraya.

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024