Mamuju (ANTARA Sulbar) - Sebanyak 20 siswa dinyatakan lulus seleksi pada program "siswa mengenal nusantara" yang dilaksanakan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) di Provinsi Sulawesi Barat dalam rangka memeriahkan peringatan Hari Ulang Tahun (HUT) ke-71 Kemerdekaan Republik Indonesia.

"Sebanyak 18 siswa telah mengikuti dan dinyatakan lolos seleksi kegiatan siswa mengenal nusantara sebagai rangkaian kegiatan memeriahkan HUT kemerdekaan RI di Sulbar, dua diantara siswa itu merupakan penyandang disabilitas," kata Corporate Secretary, Corporate Governence & Government Relations PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk, Fredrik Kasiepo MM di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, siswa yang lolos seleksi tersebut nantinya akan dikirim ke Provinsi Sumatera Utara untuk mengenal lebih jauh kondisi daerah itu dan sebaliknya dari Medan Sumater Utara juga akan dikirim siswa yang juga lulus seleksi siswa mengenai nusantara.

"Siswa yang telah berhasil seleksi nantinya juga akan dipersiapkan untuk mempromosikan Sulbar baik dari segi kekayaan budaya, enterpreneurship dan sumber daya yang dimiliki oleh Sulbar di kancah nasional.

Menurut dia, pertukaran antara siswa Sulbar dan siswa dari Sumatera Utara, siswa dari Sulbar nantinya akan didampingi empat orang pendamping dan satu guru teladan

Menurut dia, selain program siswa mengenal nusantara sejumlah kegiatan juga akan dilaksanakan BUMN di Sulbar memperingati HUT RI antara lain, upacara peringatan HUT RI tanggal 17 Agustus 2016 yang dilaksanakan BUMN di Sulbar sebagai puncak acara program tersebut.

Kemudian dilaksanakan jalan sehat sepanjang 5 kilometer diikuti 1.000 orang pegawai BUMN di Sulbar, kegiatan lomba yang diikuti oleh Masyarakat, program bedah rumah veteran dan kegiatan pasar Murah.

Selain itu juga digelar kegiatan siswa mengenal nusantara, BUMN Mengajar, penyediaan sarana air bersih, pembinaan desa terpencil, perbatasan dan rawan konflik dan pembinaan nara pidana

Program lainnya juga kata dia, pembangunan tempat penitipan anak di pasar dan pembinaan mantan atlet nasional.

Kepala Dinas Pemuda dan Olahraga Provinsi Sulbar, Herdin mengaku sangat mengapresiasi dan mendukung kegiatan tersebut, dan berharap agar BUMN yang ada di Sulbar tetap bekerja maksimal memberikan yang terbaik untuk bangsa sesuai tugas dan fungsinya.

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor :
Copyright © ANTARA 2024