Makassar (ANTARA Sulsel) - Kepala Bidang Pemanfaatan Iptek Kemenpora RI Dra Sutiasih menyatakan pameran produk tekhnologi bertema "Youth Technologi Expo 2016 atau Youtech Expo" di Kampus UMI Makassar, Sulawesi Selatan, 27-28 Juli 2016 sebagai ajang pembuktian kreativitas mahasiswa.

"Kegiatan ini penting untuk pengembangan kreasi, inspirasi,dan kreativitas penggiat tekhnologi dalam kesiapan mahasiswa menjadi pemuda Indonesia yang berguna bagi masyarakat khususnya menghadapi MEA," kata dia saat membuka acara pameran di Makassar, Rabu.

Dalam kegiatan ini, merupakan hasil kerjasama Kementrian Pemuda dan Olahraga (Kemenpora) Republik Indonesia (RI) dengan Fakultas Teknologi Industri (FTI) Universitas Muslim Indonesia (UMI) Makassar.

Kegiatan pameran yang dipusatkan di Pelataran gedung FTI UMI itu bukan hanya memamerkan inovasi dan teknologi saja. Kegiatan ini juga menghadirkan sejumlah acara hiburan seperti talkshow, penampilan band serta stand Up comedy.

Dalam kesempatan itu pula, Sutiasih sekalius memberikan apresiasi tinggi karena menurutnya ajang ini bertujuan memberi ruang bagi pemuda Indonesia bagaimana mengeksplorasi karya dan inovasi dalam bidang Tekhnologi.

"Ini merupakan sebuah ajang yang begitu penting khususnya bagi mahasiswa untuk menunjukkan inovasi dan kreativitas yang menjadi potensi mereka," ujarnya.

Sementara itu,Dekan FTI UMI Ir Zakir Sabara, menyatakan kegiatan ini merupakan jawaban atas image buruk Mahasiswa Makassar, yang tidak hanya jago tutup jalan, demonstrasi, rusak kampus namun juga memiliki kemampuan inovasi dalam bidang teknologi.

"Saya kira ini menstimulus pemuda dan mahasiswa agar lebih meningkatkan spiritnya untuk menciptakan karya karya yang inovatif. Jadi mahasiswa bukan hanya terkenal demonya namun harus memiliki kemampuan yang bisa bersaing,"sebutnya.

Pada Youtech Expo 2016 di Makassar, sebanyak 13 karya inovasi dan teknologi mahasiswa Makassar dihadrikan diantaranya aplikasi radio online, robot soccer, Listrik pintar, prototype penjernih asap rokok, electroad atau pemanfaatan panas aspal jalan sebagai sumber energi listrik.

Selanjutnya aplikasi game pc balap karung, alat penguras dan penyedot tinta catridge inkject merek canon, dan hp, prototype mobil , bahan penggerak kapur tulis, serta beberapa Tekhnologi tepat guna lainnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024