Makassar (ANTARA Sulsel) - Karateka junior Sulawesi Selatan Muhammad Gibran merebut medali emas Olimpiade Olahraga Siswa Nasional (O2SN) di Jakarta, 25-30 Juli 2016.

Pelatih Karate Sulsel, Mursalim Badoo saat dihubungi dari Makassar, Kamis, mengatakan perolehan medali emas atletnya itu diraih dari kumite perorangan putra +50 kg tingkat sekolah menengah pertama (SMP).

"Kami tentunya bersyukur sekaligus berbangga dengan pencapaian atlet menjadi yang terbaik. Kami berharap dengan hasil sementara ini ikut meningkatkan motivasi bagi atlet yang lain," jelasnya.

Selain perolehan medali emas dari Muhammad Gibran yang merupakan siswa dari SMP Negeri 18 Makassar, tim karate Sulsel juga mendapatkan satu medali perak melalui Nurizka yang berasal dari SMA Negeri 4 Makassar.

Perolehan medali Sulsel juga masih berpeluang bertambah karena masih ada beberapa atlet yang akan turun pada pertadingan kedepan.

"Kita tentu berharap karateka kumite putri SMP kita juga bisa menunjukkan kemampuan terbaiknya saat pertandingan nanti," katanya.

Menghadapi Kejuaraan O2SN di Jakarta, bukan hanya diikuti cabang olahraga karate namun juga tujuh cabang lain termasuk pencak silat.

Namun untuk hasil dari cabang olahraga lain, dirinya mengaku belum mendapatkan konfirmasi. Meski begitu, jika melihat pencapaian atlet saat persiapan dan hasil O2SN sebelumnya tentu patut berharap lebih banyak.

"Sulsel pada O2SN ini mengikuti sebanyak delapan cabang olahraga dan diikuti puluhan atlet terbaik dari setiap daerah. Kita tentu berharap pencapaian atlet saat ini bisa menjadi motivasi tambahan untuk atlet yang lain," ujarnya.

Pada pelaksanaan O2SN 2015 di Makassar, tim karate tuan rumah Sulsel mampu mendulang sejumlah medali emas diantaranya dipersembahkan masing-masing atas nama Andi Yusril (SMA 3 Sungguminasa) dengan medali perunggu di nomor kata perorangan putra.

Selanjutnya Jessica (SMA 3 Makassar) di nomor kumite putri serta Mutiah Aulia Hayu (MTs Makassar) yang turun di nomor kata beregu dengan masing-masing merebut medali perak untuk Sulsel.

Sementara untuk raihan medali perak dari Jessica setelah kalah dari wakil Maluku di babak final. Sedangkan medali perak dari Mutiah Auliah didapatkan setelah harus mengakui keunggulan karateka asal DKI Jakarta di babak final. 

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024