Sinjai (ANTARA Sulsel) - Pemerintah Kabupaten Sinjai melalui Badan Pemberdayaan Masyarakat (BPM) menggelar pelatihan pengelolaan Badan Usaha Milik Desa (BUMDES).

Pelatihan dibuka Asisten Ekonomi Pembangunan Setdakab Sinjai Hj. Nikmat B. Situru dan dihadiri Ketua DPRD setempat Abd Haris Umar di Gedung PKK, Senin.

Pelatihan akan dilaksanakan selama tiga hari 1 - 3 Agusutus 2016 yang diikuti Sekretaris, bendahara dan kepala unit usaha serta kepala desa.
 
Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Sinjai HA Talha mengatakan pelatihan ini sebagai implementasi terhadap Undang-Undang Nomor 6 Tahun 2014 tentang desa, dan perda nomor 6 tahun 2015 serta perbup nomor 3 tahun 2015 tentang BUMDES agar pengelola dan direktur mempunyai kesepahaman yang sama.
 
Menurutnya di Sinjai telah dibentuk sekitar 46 BumDes yang tersebar di sembilan kecamatan, selain koperasi salah satu wadah perekonomian yang ada didesa adalah BUMDES.
 
"BUMDES bisa membuka berbagai bidang usaha sesuai dengan potensi yang ada di setiap desa  di antaranya memenuhi kebutuhan pokok masyarakat, menampung berbagi produk olahan industri rumahan yang ada serta membuka layanan jasa, seperti pembayaran rekening listrik dan PDAM." Ujarnya
 
Dirinya berharap BUMDES yang ada di Sinjai dapat berkembang sehingga perekenomian yang ada di desa berkembang pula, salah satunya dengan mengelolah kearifan lokal yang ada di setiap desa. 

Pewarta :
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024