Makassar (ANTARA Sulsel) - Menteri Koperasi dan UMKM Anak Agung Gede Ngurah Puspayoga dijadwalkan akan menghadiri puncak peringatan Hari Koperasi tingkat Provinsi Sulawesi Selatan (Sulsel) di Kabupaten Takalar, Sulsel, pada 8 Agustus mendatang.

"Menteri Koperasi akan hadir, begitu pula Ketua Dekopin pusat Nurdin Halid," kata Ketua Panitia peringatan Hari Koperasi Sulsel Rusni Kasman yang ditemui di Makassar, Kamis.

Rangkaian Peringatan hari Koperasi tersebut, kata dia, akan dimulai sejak tanggal 7 Agustus, yang diisi dengan berbagai kegiatan.

"Kami akan menggelar gerak jalan santai, pasar murah, pemeriksaan kesehatan gratis, lomba merias perahu, tarik tambang di atas perahu, dan

malam ramah tamah," kata Rusni.

Sementara acara puncak peringatan pada tanggal 8 Agustus akan diisi dengan penandatanganan MoU antara BUMN dengan koperasi terkait program "Gubernur Mart"

Menurut Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Sulsel Syamsu Alam Ibrahim terdapat lima BUMN yang diharapkan akan menandatangani MoU tersebut, diantaranya Semen Tonasa, Pelindo, PTPN, dan KIMA.

"Ada sekitar 40 BUMN, yang akan terlibat membina, tetapi yang akan menandatangani MoU pada tanggal Delapan sekitar lima BUMN," jelas Syamsu.

Penandatangan MoU tersebut, kata dia, untuk menindaklanjuti Pergub No.18, tahun 2016 tentang Koperasi Inti dan Koperasi Unggulan.

"Setiap BUMN, akan membina satu koperasi per kabupaten, untuk menyiapkan Koperasi Gubernur Mart, semacam retail modern koperasi di setiap kabupaten/kota," kata Syamsu.

Pewarta : Nurhaya J Panga
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024