Makassar (ANTARA Sulsel) - Sebanyak 30 tim dari berbagai kampus di Indonesia saling bersaing menjadi yang terbaik pada kejuaraan nasional pencak silat piala Rektor di GOR Fakultas Ilmu Keolahragaan UNM Makassar, Sulawesi Selatan, 8-12 Agustus 2016.

Pembantu Rektor II UNM, Dr Kartajayadi di Makassar, Selasa, mengatakan kejuaraan yang pertama kalinya dilaksanakan ini memperlombakan sebanyak delapan kelas pertandingan yang terdiri dari kategori tanding dan Tunggal Ganda Beregu (TGR).

"Turnamen ini merupakan yang pertama kalinya diselenggarakan oleh UKM Olahraga UNM. Saya tentu berharap tuan rumah UNM mampu memberikan yang terbaik," ujarnya.

Untuk kejurnas Piala Rektor UNM I 2016 itu dilaksanakan Unit Kegiatan Mahasiswa (UKM) Olahraga Universitas Negeri Makassar.

"Saya juga dalam mengimbau agar kejurnas ini semakin mengalami peningkatan ke depan. Kami juga rencanakan akan melaksanakan kejuaraan ini sebagai agenda dua tahunan," ujarnya.

Sementara itu, Pelatih Silat Sulsel Muhammad Arham menyatakan pihaknya terus fokus meningkatkan kemampuan seluruh atlet sebelum tampil di Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016.

Termasuk dengan melaksanakan agenda "try out" di kejuaraan nasional di Bandung, Jawa Barat, 21-24 Juli 2016.

Dalam menghadapi Kejuaraan terbatas tersebut, Sulsel menurunkan 11 atlet yang telah dipastikan lolos ke Pekan Olahraga Nasional (PON) XIX di Jawa Barat, September 2016.

Ke-11 pesilat yang diberangkatkan ke kejurnas di Bandung adalah Awaluddin, Johan, Hamuddin, Baso Ridwanto, Saiful, Ahmad Sidiq M dan kelas ganda putra yakni Anjas Yordan dan Muh Akbar.

Sementara atlet putri yakni Purnamasari dan kelas ganda, pasangan Atitah dan Fitriah untuk kategori seni atau TGR.

Ia menjelaskan, agenda ini sudah masuk dalam rencana persiapan tim kepelatihan cabang olahraga silat sebelum berlaga di ajang empat tahunan tersebut.

Apalagi, cabang ini diharapkan bisa mendulang medali di PON XIX untuk mengangkat posisi Sulsel di pentas olahraga bergengsi di Indonesia tersebut.

Pewarta : Abd Kadir
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024