Makassar (ANTARA Sulsel) - 15 kapal pesiar dari berbagai negara diagendakan merapat atau mengunjungi kota Makassar sepanjang 2017.

Wakil Wali Kota Makassar, Syamsul Rizal di Makassar, Minggu, mengatakan jika setiap kapal pesiar membawa penumpang sebanyak seribu maka tentunya Makassar akan mendapatkan wisatawan sebanyak 15 ribu orang.

"Jadi wisatawan dari seluruh dunia akan hadir dan ini merupakan momentum untuk semakin mempopulerkan Kota Makassar," jelasnya.

Ia menjelaskan, dirinya saat ini tengah serius memaksimalkan program "City Tour" untuk menghadapi kunjungan wisatawan yang begitu tinggi pada tahun depan.

Ini juga sebagai respon untuk memberikan pelayan terbaik dan memperkenalkan sebagai kota "sombere" atau ramah bagi setiap wisatawan yang berkunjung di Kota Daeng.

Sementara Wali Kota Makassar Mohammad Ramdhan Pomanto, mengatakan pihaknya saat ini kini fokus menyukseskan pelaksanaan International Eight Festival and Forum 2016 atau yang lebih dikenal F8 di Pantai Losari Makassar, Sulawesi Selatan, 8-19 September 2016.

Untuk pelaksanaan F8 tersebut, kata dia, sesuai kepanjangannya akan menghadirkan berbagai ajang spesial seperti festival Film, Fashion, Food, Flowers, Fine Art, Folks, Fusion Jazz, hingga Fixion Writer.

Menurut dia, F8 yang akan dihadiri puluhan negara itu memang merupakan panggung besar Makassar sebagai upaya menyatukan pandangan dunia internasional terhadap "Kota Daeng".

Ia mencontohkan kesuksesan pelaksanaan Asean Mayor Forum (AMF) yang berhasil dilaksanakan di kota telah menjadi perbincangan di dunia luar dan tentunya Makassar mulai diperhitungkan dunia.

"Berkat AMF, kita bisa menjadi perhatian dunia, Apalagi kegiatannya sukses. Bahkan CNN sudah mengulas kegiatan AMF Makassar dan sebelumnya tidak ada," tuturnya.

Pewarta : Abd Kadir
Editor :
Copyright © ANTARA 2024