Mamuju (ANTARA Sulbar) - Penyelenggara Pilkada Sulawesi Barat diminta meningkatkan pemahamannya dalam menjalankan aturan serta tugas dan fungsi pokoknya (Tupoksi) sebagai penyelenggara Pilkada.

"Forum koordinasi yang digelar KPU Sulbar bersama Bawaslu Sulbar, tujuannya untuk semakin meningkatkan pemahaman dan tupoksi para penyelenggara di Sulbar," kata Ketua KPU Sulbar, Usman Suhuriah di Mamuju, Minggu.

Ia mengatakan, KPU Sulbar telah menggelar acara forum koordinasi penyelenggara dan pengawas Pilkada Sulbar dari tingkat Provinsi sampai ke tingkat kabupaten dan kecamatan dihadiri komisioner KPU pusat dan Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Republik Indonesia.

Menurut dia, acara tersebut bertujuan agar dalam menjalankan tugasnya para penyelenggara, tidak menemui hambatan melaksanakan Pilkada Sulbar karena sudah memahami aturan pelaksanaan penyelenggaran Pilkada.

Ia menyampaikan salah satu kendala yang terkadang dihadapi dalam menyelenggaraan pilkada adalah karena penyelenggara tidak memahami aturan pelaksanaan Pilkada, sehingga KPU Sulbar menggelar acara untuk upaya meningkatkan pemahaman penyelenggara atas aturan pelaksanaan Pilkada.

"Penyelenggara dan pengawas juga dipertemukan dalam satu forum untuk lebih meningkatkan pemahaman mengenai aturan dan tupoksi pilkada agar tidak hambatan dalam pelaksanaan Pilkada dan pelaksanaan Pilkada dapat berlansung aman dan lancar jujur dan adil di Sulbar," katanya.

Ia juga mengatakan, antara penyelenggara dan pengawas perlu koordinasi yang sifatnya interaktif sehingga pelaksanaan tahapan Pilkada Sulbar dapat benar benar berjalan sesuai yang diharapkan.

"Koordinasi sangat penting untuk upaya semakin memahami aturan penyelenggara Pilkada sehingga kegiatan tahapan pilkada yang sudah berjalan dapat dilalui dengan baik tanpa ada kendala," katanya. ***2***

(T.KR-MFH/B/F003/F003) 04-09-2016 23:04:39

Pewarta : M Faisal Hanapi
Editor : Daniel
Copyright © ANTARA 2024